Sabet Gelar Menteri Terbaik di Dunia, Sri Mulyani yang Pertama di Asia

Rizky Alika
12 Februari 2018, 09:38
Sri Mulyani Terima Penghargaan
ANTARA FOTO/REUTERS/Christopher Pike
Menkeu Sri Mulyani Indrawati (kiri) menerima Penghargaan Menteri Terbaik yang diserahkan oleh Pemimpin dan Perdana Menteri Dubai yang juga Wakil Presiden UEA, Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum (kanan), pada acara World Government Summit (WGS) di Dubai

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates pada Minggu (11/2). Sri Mulyani merupakan menteri pertama di Asia yang memperoleh penghargaan tersebut.

Penghargaan sebagai Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri di dunia setiap tahunnya. Penghargaan diberikan mulai 2016. Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young yang ditunjuk oleh World Government Summit. Adapun tahun ini, penghargaan diserahkan oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

“Saya sangat terhormat, tentu ini adalah karena kepemimpinan dari Presiden Jokowi di dalam memimpin Indonesia, melakukan reformasi dan kami semua sebagai menteri melakukannya dengan penuh fokus dan bertanggung jawab,” kata Sri Mulyani dalam video yang diunggah di akun instagram resminya, Minggu (11/2).

(Baca juga: Gejolak Bursa Saham Global, Sri Mulyani Fokus Jaga Stabilitas Domestik)

Dalam sambutannya saat menerima penghargaan, Sri Mulyani menyatakan penghargaan itu didedikasikan kepada pemerintah dan 257 juta rakyat Indonesia, serta 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menuju bangsa Indonesia yang bermartabat, adil dan makmur.

Menurut dia, berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kementerian Keuangan. Tujuannya, untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. “Reformasi birokasi di Kementerian Keuangan juga sudah membuahkan banyak hasil,” kata dia.

Sebelumnya, pada 2016, penghargaan Menteri Terbaik di Dunia diberikan kepada Gregory Andrew Hunt ketika menjabat Menteri Lingkungan Australia. Kemudian, pada 2017, penghargaan diberikan kepada Menteri Kesehatan dan Aksi Sosial Senegal Awa Marie Coll-Seck.

World Government Summit merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Dubai, UAE, dan melibatkan segenap pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia dalam suatu forum dialog global tentang proses pemerintahan dan kebijakan publik serta kaitannya dengan teknologi, inovasi, dan topik lain.

Forum ini menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara pejabat pemerintah, penentu kebijakan, pakar, dan pimpinan sektor swasta untuk melihat tren masa depan dan implikasinya bagi kemanusiaan. World Government Summit dihadiri lebih dari oleh lebih dari 4000 peserta dan 90 pembicara dari 150 negara dan lembaga internasional.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...