Kepala BKPM Berkomitmen Akan Jaga Investasi di Sektor Digital

Ameidyo Daud Nasution
12 Februari 2018, 21:05
Menteri Perdagangan Thomas Lembong
Katadata | Arief Kamaludin
Kepala BKPM Thomas Lembong

Suntikan dana dari PT Astra International (Tbk) ke Go-jek disambut baik oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong. Dia mengatakan tren masuknya pendanaan dan investasi ke sektor digital ini harus dijaga habis-habisan.

Menurutnya, arus modal yang masuk ke ekonomi digital telah menyelamatkan pertumbuhan investasi asing dan domestik. Dia memperkirakan arus modal masuk dan membiayai e-commerce bisa mencapai seperlima dari total angka investasi asing setiap tahunnya.

"Kalau sampai keluar (dari Indonesia), maka angka investasi akan stagnan," ujar pria yang akrab dipanggil Tom ini, saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/2). (Baca: BKPM Minta Data Investasi ke Go-Jek, Traveloka dan E-Commerce)

Tom bahkan mengingatkan bahwa masih banyak kebijakan yang dapat menghantam sektor ini secara negatif. Oleh sebab itu dirinya mengaku akan segera membicarakannya dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara untuk modernisasi aturan.

Salah satu relaksasi yang harus dilakukan antara lain dengan mempermudah sistem penawaran perdana saham atau Initial Public Offering (IPO). Menurut Tom, syarat yang berlaku di perusahaan dalam melantai di bursa sangat berbeda dengan era digital saat ini. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...