Usai Tutup Gerai New Look, MAP Siap Lanjutkan Ekspansi di 2018

Penulis: Ekarina

Kamis 15/2/2018, 20.38 WIB

PT Mitra Adiperkasa berencana melakukan penambahan gerai dengan total luas area sebesar 60.000 meter di 2018

Sale
Arief Kamaludin|KATADATA
Lotus Departemen Store akan menutup seluruh gerainya di Indonesia pada akhir bulan ini. Sebelum tutup, Lotus mengadakan sale besar-besaran untuk berbagai produk yang dijualnya.



Pelemahan industri ritel dalam negeri tak menyusutkan niat PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) melanjutkan ekspansinya di tahun ini. Perseroan mengaku telah menyiapkan dana belanja modal (capital expanditure/capex) sebesar Rp 800 miliar untuk ekspansi gerai.

Head of Corporate Communication PT Mitra Adiperkasa atau MAP Fetty Kwartati mengatakan tahun ini perusahaan berencana melakukan penambahan gerai dengan total luas area sebesar 60.000 meter per segi.

" Sekitar 40.000 meter per segi kami siapkan untuk membuka gerai specialty store, berupa  gerai sport dan fashion , sedangkan 20.000 meter per segi lainya untuk membuka gerai Food & Beverage," ujarnya kepada Katadata lewat pesan singkat.

(Baca : Penjualan Lesu, MAP Tutup Seluruh Gerai New Look Tahun Ini) 

Dengan ekspansi yang perusahaan lakukan, Fetty berharap tahun ini bisa membukukan kenaikan pendapatan sebesar 15% dan laba bersih di atas 15%.

"Strategi ke depan adalah mengembangkan omni channel business dan fokus kepada existing brands yang cukup strong," ujarnya.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia, pada kuartal III 2017, MAP mencatatkan pendapatan sebesar Rp 11,68 triliun. Nilai tersebut naik sekitar 11,9% dari realisasi pendapatan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 10,29 triliun. Sementara dari sisi operasional, hingga kuartal III 2017 MAP juga tercatat mengoperasikan 1.916 gerai ritel di 68 kota.

(Baca juga : Hanya Relokasi, MAP Bantah Tiga Brand Fashion Retailnya Tutup Permanen)

Kendati mencatat kinerja cukup positif di tahun lalu, Fetty mengaku perusahaan turut merasakan dampak pelemahan industri ritel dan ketatnya persaingan. Karenanyam untuk mengurangi dampak tekanan industri terhadap kinerja keuangan perusahaan, sejak tahun lalu MAP kembali melakukan penutupan gerai dan menghentian kegiatan operasional brand fashion asal Inggris, New Look .
"Gerai New Look sudah tutup sejak tahun lalu. Brandnya discontinue," ungkap Fetty.

Meski demikian, ia berdalih pembukaan dan penutupan toko merupakan business practice yang normal dalam operational retail, "Performance setiap toko selalu dimonitor dari waktu ke waktu," ujarnya.

Karenanya, berdasarkan evaluasi yang dilakukan perseroan, gerai New Look akhirnya diputuskan resmi ditutup secara bertahap sejak tahun lalu. Mengutip situs resmi perusahaan, MAP sebelumnya tercatat mengoperasikan 12 gerai New Look di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti di mall Central Park, Senayan City, Kota Kasablanka, Pondok Indah Mall, Kuala Namu dan Bali.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha