Jokowi Sudah Serahkan Nama Calon Gubernur BI ke DPR

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Dimas Jarot Bayu
23 Februari 2018, 19:49
Sidang paripurna DPR
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Suasana sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12).

Pihak Istana Kepresidenan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim nama bakal calon Gubernur Bank Indonesia (BI) ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Nama tersebut sebagai pengganti Gubernur BI Agus Martowardojo yang bakal habis masa jabatan pada Mei 2018. 

"Sudah (dikirim ke DPR)," kata Juru Bicaa Kepresidenan, Johan Budi kepada Katadata.co.id, Jumat (23/2). Namun Johan tidak menjelaskan siapa nama calon yang dipilih Jokowi untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

Konfirmasi mengenai hal yang sama juga disampaikan anggota Komisi Keuangan DPR RI Mukhamad Misbakhun. Dia menyatakan Surat Presiden soal calon Gubernur BI sudah dikirimkan oleh Sekretariat Negara dan diterima DPR. Namun, Misbakhun menolak memberikan nama yang telah dikirimkan Presiden.

"Surat bersifat rahasia sehingga hanya ketua DPR yang mengetahui siapa nama calon Gubernur BI yang diusulkan oleh Bapak Presiden Jokowi," kata Misbakhun kepada Katadata.co.id.

Dia mengatakan, DPR akan mengagendakan pembacaan surat tersebut dalam Rapat Paripurna mendatang dan kemudian membahasnya di Badan Musyawarah. "Kemudian Komisi XI (Keuangan) akan ditugaskan untuk melakukan fit and proper test," kata Misbakhun.

(Baca juga: Ini Empat Nama Calon Gubernur BI yang Disodorkan ke Jokowi)

Sebelumnya Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi membenarkan sebanyak empat nama telah disodorkan kepada Presiden untuk diseleksi menjadi kandidat Gubernur Bank Indonesia (BI). Nama-nama tersebut kemudian dibahas dengan Presiden dan Wakil Presiden.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...