PUPR Tawarkan Proyek Pemeliharaan Jalan Lintas Sumatera ke Swasta

Ameidyo Daud Nasution
27 Februari 2018, 20:22
Tol Sumatera
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Pengendara sepeda motor melintas di lokasi proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai seksi III, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (3/6).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menawarkan pekerjaan pemeliharaan dua ruas jalan di Lintas Timur Sumatera kepada swasta. Dua ruas ini adalah Lintas Timur Riau sepanjang 43 kilometer dan Sumatera Selatan sepanjang 30 kilometer.

Direktur Jenderal Bina Marga Arie S. Moerwanto mengatakan skema yang digunakan adalah Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dengan availability payment. Dengan skema ini nantinya swasta akan membangun jalan tersebut terlebih dahulu baru kemudian diganti melalui anggaran Kementerian PUPR.

Swasta akan mengerjakan proyek pemeliharaan selama selama 15 tahun dengan rincian dua tahun pekerjaan perbaikan dan 13 tahun perawatan proyek.

(Baca juga: Kementerian PUPR Akan Libatkan Swasta Garap Jalan Trans Papua)

Arie beralasan dengan masuknya swasta maka akan ada pelayanan dalam perawatan jalan yang lebih baik. Selain itu dengan baiknya infrastruktur jalan maka ekonomi akan bergerak lebih cepat dan menghasilkan pengembalian pajak bagi negara.

"Jadi jangka panjang berpikirnya, dulu pemeliharaan jangka pendek karena dana terbatas," kata dia saat acara pengumuman penawaran (market sounding) proyek ini di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (27/2).

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...