Gudang Garam Akan Bangun Bandara di Kediri

Ameidyo Daud Nasution
9 Maret 2018, 16:41
PT. Gudang Garam berencana membangun bandara komersil
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Pengendara sepeda motor melintas di depan area Helipad Surya Air milik PT. Gudang Garam di Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (17/3). Perusahaan rokok terbesar di Indonesia tersebut berencana membangun bandara komersil di wilayah Kediri dengan panjang runway

Kementerian Perhubungan mengungkapkan PT Gudang Garam (Tbk) akan membangun sebuah bandara di Kediri, Jawa Timur. Saat ini proses pembangunan bandara tersebut baru mencapai usulan izin sebelum mendapatkan penetapan lokasi dari Kemenhub.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan saat ini Gudang Garam baru mengajukan izin prinsip pembangunan bandara. Setelahnya proses akan berlanjut dengan penetapan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) serta penetapan lokasi. Sedangkan pembangunan bandara ini sekurangnya memakan waktu 2 tahun.

Advertisement

"Juga harus mendapatkan rekomendasi pemerintah daerah," kata Agus usai rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (9/3).

(Baca: Jokowi Perintahkan Pengelolaan Lima Bandara Dilepas ke Swasta)

Agus mengatakan investasi ini merupakan inisiatif dan minat pihak swasta dalam hal ini Gudang Garam. Pemerintah pun menyambut baik, karena dengan begitu anggaran Kemenhub bisa diarahkan untuk pembangunan bandara di wilayah terpencil sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kementerian Perhubungan juga mendorong swasta lain untuk berpartisipasi membangun bandara.

Selain itu, kehadiran bandara ini disebut Agus akan menutup celah antara bandara di Surabaya dengan Solo. Bandara Kediri dapat menampung wilayah sekitarnya seperti dari Kabupaten Trenggalek. Sehingga kemcetan di wilayah tersebut dapat berkurang, ketimbang warga Kediri dan sekitarnya harus ke Bandara Surabaya ataupun Solo.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Gudang Garam Susanto Widiatmoko mengatakan bandara ini akan dibangun di Kediri bagian Barat. Saat ini pihaknya masih menghitung kebutuhan dana investasi bandara ini. Estimasi kebutuhan lahan untuk proyek tersebut mencapai 300 hingga 400 hektare.

"Ini masih awal sekali, kami baru minta izin ke pemerintah," ujar dia. (Baca: Kadin Dukung Rencana Pengelolaan Bandara oleh Swasta)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement