Ingin Saingi Starbucks, PTPN XII Jual Kopi Lewat Kafe Milik Sarinah

Michael Reily
12 Maret 2018, 16:35
Kopi Gayo
Junaidi Hanafiah/Anadolu Agency
Kopi Gayo terkenal sebagai salah satu kopi terbaik dunia. Dibudidayakan menggunakan pupuk organik dan digerakkan oleh masyarakat lokal, dengan rata-rata kepemilikan lahan yang tidak terlalu luas, sekitar 1-2 hektare.\

Perusahaan-perusahaan pelat merah mulai melirik tren kopi sebagai minuman pendukung gaya hidup. Anak usaha PTPN XII, PT Rolas Nusantara Mandiri berupaya meningkatkan pemasaran kopi lewat kafe Cup of Java milik PT Sarinah (Persero). Selain kopi, produk PTPN XII seperti cokelat dan teh bakal dipasarkan di jaringan retail Sarinah.

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan, kolaborasi dilakukan untuk pemenuhan pasar dalam negeri terhadap komoditas lokal. “Kopi itu merupakan gaya hidup, sangat menarik apabila kopi disajikan dengan paket yang menarik,” kata Ngurah kepada wartawan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Senin (12/3).

Ngurah mengungkapkan omzet Cup of Java masih sekitar Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan. Ia pun berharap kerja sama dapat meningkatkan omzet hingga 100%.

(Baca juga:  Masih Ada Supermarket Jual Gula di Atas Harga Acuan Pemerintah)

Nantinya, Sarinah juga bakal memanfaatkan sinergi BUMN lain lewat gerai retailnya supaya pemanfaatan dan nilai tambahnya lebih banyak. Sehingga, tujuan akhir untuk ekspor bisa tercapai. Pasalnya, produk komoditas masih dikirim ke luar negeri dalam bentuk mentah. “Kemitraan bisa membentuk nilai tambah dalam industri hilir,” ujar Ngurah.

Sementara, Direktur Utama PTPN XII Berlino Mahendra Santosa berharap, kerja sama ini dapat membuat kafe rintisan Sarinah menyaingi Starbucks atau Warunk Upnormal. Sebab, “Mereka tidak punya ketersediaan produk dari hulu sampai hilir,” tuturnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...