3 Proyek Bendungan 2017 Ditargetkan Dapat Kontraktor Bulan Ini

Ameidyo Daud Nasution
14 Maret 2018, 14:49
Jokowi Bendungan Karian
Biro Pers - Sekretariat Presiden
Jokowi meninjau pembangunan proyek Bendungan Karian di Banten, Rabu (4/10)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan tiga proyek bendungan yang molor pembangunannya tahun lalu akan segera mendapatkan kontraktor pada bulan ini. Tiga proyek tersebut adalah Bendungan Bener (Jawa Tengah), Bendungan Tiga Dihaji (Sumatera Selatan), dan Bendungan Sidan (Bali).

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Imam Santoso mengatakan saat ini Kementerian PUPR sedang mengajukan izin kontrak tahun jamak kembali. Saat ini sudah ada kontraktor yang memasukkan proposal penawaran. "Masih kami evaluasi, targetnya Maret ini," kata Imam di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (13/3).

Selain 3 bendungan sisa proyek tahun lalu, Kementerian PUPR juga menargetkan sebelas bendungan baru 2018 akan dilelang juga pada bulan ini. Sebelas bendungan tersebut diantaranya adalah Bendungan Randu Gunting di Jawa Tengah serta Bendungan Sadawarna di Provinsi Jawa Barat. 

(Baca: Kementerian PUPR Tawarkan Swasta Bangun Bendungan Jambo Aye)

Tidak hanya itu, Kementerian PUPR akan kembali menawarkan bendungan untuk dijadikan pembangkit listrik. Bendungan yang dimaksud adalah Bendungan Muara Juloi di Kalimantan Tengah yang cocok digunakan sebagai sumber tenaga listrik. "Sekarang sedang kami tawarkan, itu (berdaya) sekitar 110 megawatt," kata dia.

Imam pernah mengatakan kementeriannya menganggarkan dana untuk membangun 14 bendungan tahun ini. Namun, hanya 11 bendungan yang akan betul-betul dikerjakan. DIa mengatakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Kementerian PUPR tidak menargetkan mana saja bendungan yang harus dibangun.

Menurutnya, penganggaran yang terlalu saklek justru akan menyulitkan, sebab ada perbedaan kondisi di lapangan. "Jadi biar luwes, maka ada 14 di DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran), tapi 11 yang akan kami kerjakan," kata Imam.

(Baca: Kementerian PUPR Anggarkan Pembangunan 14 Bendungan Tahun Ini)

Pada tahun lalu, Kementerian PUPR hanya berhasil melelang 6 bendungan baru. Sedangkan tiga bendungan lain yang akan dilelang tahun ini adalah Bendungan Tiga Dihaji (Sumatra Selatan), Bendungan Sidan (Bali), dan Bendungan Bener (Jawa Tengah).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...