Denmark Nilai Indonesia Berlimpah Sumber EBT yang Bisa Dimanfaatkan

Image title
23 Maret 2018, 20:41
Pembangkit tenaga angin
YOUTUBE

Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen menilai banyak sumber Energi Baru Terbarukan/EBT di Indonesia yang bisa dimanfaatkan. Ini karena letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa.

Sumber energi baru terbarukan yang ada di Indonesia itu bisa dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik dengan kapasitas 200 sampai 400 Giga Watt/GW. “Indonesia punya geothermal, surya, biomassa, dan lainnya yang potensinya besar," ujar Rasmus Abildgaard di kediamannya, Jakarta pada Jumat (23/3).

Namun untuk memanfaatkan potensi energi baru terbarukan itu ada beberapa tantangan. Tantangan itu harus bisa diselesaikan pemerintah Indonesia.

Kendala itu bisa terdiri dari teknis dan nonteknis. “Secara teknis kendalanya bisa diatasi, tapi mungkin pertanyaan lainnya adalah apakah ini mahal atau tidak?" ujar Rasmus.

Rasmus juga mencontohkan bagaimana pengembangan energi baru terbarukan di negaranya. Hingga 2020 Denmark menargetkan 54 persen pembangkit listriknya menggunakan tenaga angin.

Di sana, pembangkit listrik tenaga angin di lepas pantai, merupakan yang termurah. Biayanya hanya sekitar € 40 per MWh, berdasarkan pendekatan perhitungan levelized cost of energy (LCOE).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...