Incar Mitra Alfamart, StanChart Siapkan Pembiayaan Rp 350 Miliar

Michael Reily
2 April 2018, 18:04
Alfamart
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Siswa magang beraktivitas di laboratorium bisnis ritel Alfamart atau "Alfamart Class" di SMKN 1 Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (1/12).

Standard Chartered Indonesia siapkan Rp 350 miliar untuk solusi modal terpadu bagi mitra kerja PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), pemilik jaringan retail Alfamart. Program tersebut diharapkan bisa menjadi solusi pendanaan, baik untuk modal kerja maupun fasilitas pembayaran untuk mendukung kegiatan operasional mitra bisnis Alfamart  menjadi lebih efisien.

Chief Executive Officer (CEO) Standard Chartered Rino Donosepoetro mengatakan solusi modal terpadu merupakan  inovasi bernilai tambah yang mampu mendorong penguatan ekosistem bisnis Alfamart.  Solusi modal kerja terpadu menawarkan fasilitas layanan keuangan berupa  pembayaran lebih cepat kepada pihak pemasok yang menjadi mitra bisnis Alfamart dengan bunga yang menarik.

(Baca : Standard Chartered Proyeksikan Ekonomi Indonesia 2018 Tumbuh 5,2%)

StanChart mengatakan pengembangan sistem pembiayaan  tersebut dilakukan guna  menjaga kelangsungan industri kecil dan menengah (IKM). Pada 2017,  rasio kredit perusahaan untuk sektor IKM mencapai  15,22%. Sedangkan untuk program kerjasamanya itu, perseroan menyasar pembiayaan untuk  sekitar 400 pemasok atau mitra Alfamart.

Alfamart merupakan klien ke-16 Standard Chartered. Dia menjelaskan sudah ada 15 perusahaan dengan lebih dari 500 mitra bisnis yang sudah memanfaatkan layanan pembiayaan.“Kami percaya rantai usaha dapat tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan, khususnya dalam mendukung IKM,” tutur Rino.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...