Kementerian ESDM Audit Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan

Anggita Rezki Amelia
5 April 2018, 10:50
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengaudit PT Pertamina (Persero) atas putusnya pipa yang menyebabkan tumpahan minyak dan kebakaran di Teluk Balikpapan. Audit ini dilakukan untuk memastikan prosedur yang dilakukan Pertamina selama ini atas kegiatan pengiriman minyak.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan jika mengacu aturan yang ada saat ini, setiap lima tahun sekali harus ada pengecekan pipa. Jadi, seharusnya Pertamina pun melakukan hal sama.

Advertisement

Untuk itu, perlu ada audit untuk memastikan prosedur itu dilakukan dengan baik. “Kami akan audit, dilakukan pemeriksaan atau enggak selama lima tahun sekali,” kata Djoko di Jakarta, Rabu (4/4).

Kementerian ESDM juga akan mengirimkan tim investigasi ke lokasi tumpahan minyak dan kebakaran.  Ini untuk mengetahui penyebab putusnya pipa milik Pertamina tersebut. Apalagi pipa tersebut sudah berumur 20 tahun. 

Saat ini, pengecekan pipa sudah dilakukan tim penyelam. Mereka akan mengecek ketebalan pipa dan kadar karat yang ada. Pengecekan oleh tim penyelam ini menurutnya bisa memakan waktu sekitar 2 minggu. 

Meski begitu, Djoko belum mengetahui volume minyak yang tumpah di perairan teluk Balikpapan itu.  "Sekarang kan belum diketahui pipanya bocor kenapa, apakah karena pipa berkarat atau karena jangkar kapal kan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement