Kemarau Panjang, Harga Sapi Impor Bakalan Australia Turun

Michael Reily
12 April 2018, 21:57
Impor sapi
Donang Wahyu | Katadata
Kapal ternak yang tengah mengangkut puluhan sapi.

Harga jual komoditas sapi bakalan Australia turun mencapai titik terendah sejak 2015.  Hal itu disebabkan oleh kemarau panjang serta meningkatnya jumlah pasokan di pasar akibat persaingan ketat antar negara pengimpor sapi  bakalan.

Harga sapi bakalan Australia saat ini tercatat berada di bawah A$ 2,96 per kilo gram (kg). Sementara sebelumnya, harga jual rata-rata sapi berada di atas angka tersebut.  

Advertisement

Chief Representative Indonesia International Markets, Meat and Livestock Australia (MLA), Valeska menyatakan musim kemarau panjang  yang terjadi di Australia menyebabkan peternak lebih memilih untuk menjual sapinya.

“Rumput tidak tumbuh dan harga pakan mahal, banyak peternak hang memilih untuk mengurangi stok di peternakan supaya tidak perlu beli pakan untuk sapi,” kata Valeska di Jakarta, Kamis (11/4).

Selain faktor cuaca, penurunan harga jual juga terjadi karena kondisi pasar global. Salah satunya,  Korea Selatan yang memilih sapi dari Amerika Serikat (AS) menyebabkan harga sapi Australia turun. Fluktuasi mata uang juga berpengaruh terhadap pergerakan harga sapi bakalan.

(Baca : Kemendag Terbitkan Izin Impor 36 Ribu Ton Daging Sapi)

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement