Sri Mulyani Pertahankan Gelar Menteri Terbaik di Asia Pasifik

Martha Ruth Thertina
14 April 2018, 23:53
Sri Mulyani
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Keuangan Sri Mulyani meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Sri Mulyani mengalahkan puluhan menteri keuangan lainnya di kawasan. Dengan demikian, Sri Mulyani telah dua tahun berturut-turut menerima penghargaan yang sama.

Kementerian Keuangan menyatakan, FinanceAsia memberikan penghargaan tersebut lantaran menilai Sri Mulyani berhasil membawa perkonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. Ia dianggap berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017 sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS).

“Sri Mulyani juga dinilai berhasil menjaga stabilitas belanja negara yang terlihat terlihat dari defisit anggaran yang lebih rendah yaitu sebesar 2,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), di bawah proyeksi awal 2,9%,” demikian tertulis dalam pemberitaan di laman website Kementerian Keuangan, Sabtu (14/4).

Lebih jauh, FinanceAsia menilai pemerintah Indonesia berhasil menjaga stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah. Pada 2017, PDB Indonesia mencapai angka US$ 1 triliun untuk pertama kalinya, dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil di atas 5%.

(Baca juga: Moody's Apresiasi Ekonomi RI, Sri Mulyani Bahas Tingkat Utang)

Adapun Sri Mulyani menyatakan bahwa pencapaian itu tak lepas dari peran Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang yang selalu mendorong seluruh Menteri untuk senantiasa bekerja keras guna memperbaiki kehidupan rakyat Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...