Sri Mulyani Pertahankan Gelar Menteri Terbaik di Asia Pasifik

Penulis: Martha Ruth Thertina

Editor: Martha Ruth Thertina

Sabtu 14/4/2018, 23.53 WIB

Sri Mulyani mengungguli puluhan menteri keuangan di kawasan Asia Pasifik. Menkeu Singapura Heng Swee Keat berada di posisi kedua.

Sri Mulyani
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Keuangan Sri Mulyani meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Sri Mulyani mengalahkan puluhan menteri keuangan lainnya di kawasan. Dengan demikian, Sri Mulyani telah dua tahun berturut-turut menerima penghargaan yang sama.

Kementerian Keuangan menyatakan, FinanceAsia memberikan penghargaan tersebut lantaran menilai Sri Mulyani berhasil membawa perkonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. Ia dianggap berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017 sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

“Sri Mulyani juga dinilai berhasil menjaga stabilitas belanja negara yang terlihat terlihat dari defisit anggaran yang lebih rendah yaitu sebesar 2,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), di bawah proyeksi awal 2,9%,” demikian tertulis dalam pemberitaan di laman website Kementerian Keuangan, Sabtu (14/4).

Lebih jauh, FinanceAsia menilai pemerintah Indonesia berhasil menjaga stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah. Pada 2017, PDB Indonesia mencapai angka US$ 1 triliun untuk pertama kalinya, dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil di atas 5%.

(Baca juga: Moody's Apresiasi Ekonomi RI, Sri Mulyani Bahas Tingkat Utang)

Adapun Sri Mulyani menyatakan bahwa pencapaian itu tak lepas dari peran Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang yang selalu mendorong seluruh Menteri untuk senantiasa bekerja keras guna memperbaiki kehidupan rakyat Indonesia.

Menurut dia, penghargaan tersebut juga merupakan pengakuan atas kerja keras Pemerintah di bidang ekonomi, yang didukung oleh kerja sama yang baik antara Kementerian Keuangan dan seluruh pemangku kepentingan.

Ia menambahkan, menteri keuangan adalah jabatan publik dan abdi negara yang bertanggung jawab mengelola keuangan negara bagi sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat. “Keuangan negara adalah alat untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia untuk mewujudkan masyarakat adil makmur dan negara yang beradab dan bermartabat,” kata dia.

(Baca juga: Sabet Gelar Menteri Terbaik di Dunia, Sri Mulyani yang Pertama di Asia)

Selain menobatkan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik tahun 2018, FinanceAsia juga merilis menteri keuangan yang masuk dalam peringkat 12 besar di kawasan. Berikut daftar lengkapnya:

  1. Menkeu Indonesia Sri Mulyani Indrawati
  2. Menkeu Singapura Heng Swee Keat
  3. Menkeu Filipina Carlos Dominguez
  4. Menkeu India Arun Jaitley
  5. Menkeu Tiongkok Xiao Jie
  6. Menteri Strategi dan Keuangan Korea Selatan Kim Dong Yeon
  7. Menkeu Australia Scott Morrison
  8. Menkeu Thailand Apisak
  9. Menkeu Jepang Taro Aso
  10. Menkeu Hong Kong Paul Chan.
  11. Menkeu Malaysia Najib Razak
  12. Menkeu Taiwan Sheu Yu-jer

Kuis Katadata

Dunia Anak-Anak

Uji pengetahuan Anda mengenai Hari Anak dan dapatkan kesempatan memenangkan hadiah menarik dari Zurich senilai Rp. 250.000