Ericsson Siapkan Jaringan 5G di Indonesia untuk Sambut Industri 4.0

Desy Setyowati
17 April 2018, 19:50
Menara Seluler
Arief Kamaludin | Katadata
Dengan lima teknologi yang dikembangkan Ericsson akan dapat memuluskan operator telekomunikasi berevolusi dari jaringan 4G menjadi 5G.

Perusahaan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson bersiap menyediakan teknologi jaringan generasi kelima (5G) di Indonesia. Hal ini untuk menyambut era industri berbasiskan digital atau indutri 4.0 di negara ini.

"Dengan platform 5G kami, operator akan dapat jaringan yang lebih efisien," ujar Presiden Direktur Ericsson Indonesia Jerry Soper dalam siaran pers yang diterima Katadata, Selasa (17/4). Ada lima teknologi yang sudah disiapkan perusahaan tersebut.

Pertama, Ericsson meluncurkan perangkat lunak komersial 5G Radio Access Network (RAN) pada Selasa ini. Teknologi ini sudah sesuai dengan standar 3GPP 5G New Radio yang baru dirilis Maret lalu. Dengan teknologi teranyar ini, Ericsson mengklaim sebagai operator telekomunikasi yang bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

(Baca juga: Jokowi: Hati-hati, Penyapu Lantai Bandara Changi Sekarang Robot)

Kedua, menyiapkan perangkat lunak jaringan radio 5G yang bakal diluncurkan akhir tahun ini. Dengan jaringan ini, operator dapat menggunakan spektrum frekuensi baru. Selain itu, operator bisa mengaktifkan jaringan 5G dengan lebih mudah. Selain itu, memungkinkan operator mengakses konten multimedia seperti streaming video 4x hingga 8x dari full high definition (4K/8K) dan teknologi penggabungan benda maya ke lingkungan nyata (augmented reality/AR).

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...