Belum Ada Surat Resmi, Uji Coba Lelang Gula Rafinasi Masih Berjalan

Michael Reily
19 April 2018, 12:37
gula rafinasi ilegal
ANTARA FOTO/Dewi Fajriani
Tumpukan gula rafinasi ilegal milik UD Benteng Baru, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (22/5).

Uji coba lelang gula rafinasi hingga saat ini masih terus berjalan meski Kementerian Perdagangan sebelumnya menyebut akan menghentikan kegiatan itu sesuai rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penyelenggara lelang gula rafinasi, PT Pasar Komoditas Jakarta (PKJ) mengatakan hingga saat ini belum menerima informasi ataupun dokumen resmi terkait penghentian uji coba lelang gula rafinasi. “Proses lelang masih berjalan normal, sebab kami belum menerima dokumen resmi,” kata Direktur PKJ Jansen Tri Utama kepada Katadata, Rabu (18/4).

Advertisement

Sehingga PKJ akan melaksanakan kewajiban sesuai regulasi pemerintah. Transaksi pembeli dan penjual gula rafinasi pun akan diakomodasi hingga selesai.

(Baca : Diminta KPK, Mendag Siap Hentikan Uji Coba Lelang Gula Rafinasi)

Lelang gula rafinasi telah diuji coba sejak 4 September 2017 hingga 18 April 2018  dan diikuti oleh peserta Industri Kecil Menengah (IKM), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan Koperasi. Volume transaksi gula rafinasi yang telah terjadi melalui PKJ sampai saat ini telah  mencapai 10.688 ton.

Rata-rata harga jual  gula rafinasi pada seluruh transaksi lelang tercatat Rp 8.827 per kilogram termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Peningkatan volume dan frekuensi transaksi telah berdampak terhadap penurunan harga. “Seluruh transaksi sifatnya gratis dan kami tidak kenakan biaya,” ujar Jansen.

Sementara untuk industri besar,  dengan kontrak terdaftar di PKJ  mencapai sebanyak 3,7 juta ton dengan penempelan Kode QR mencapai 496.072 ton dan dokumen elektronik delivery order ( E-DO ) sejumlah 6.717 dokumen. Realisasi transaksi industri besar mencapai 261.526 ton.

Senada dengan PKJ, Ketua Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) Rachmat Hariotomo  juga mengaku belum menerima pemberitahuan soal rencana penghentian uji coba lelang gula rafinasi.  “Belum ada pemberitahuan kepada kami tentang hal ini. Proses lelang masih berjalan,“ kata Rachmat.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement