PKS dan Gerindra Tentukan Cawapres Prabowo Lewat Dua Opsi

Dimas Jarot Bayu
20 April 2018, 18:59
Sudrajat - Ahmad Syaikhu
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, bersama dengan Presiden PKS Sohibul Iman (kiri), Sekjen PAN Eddy Soeparno (kedua kanan), Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra masih terus mencari titik temu dalan menentukan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto di pemilihan presiden atau Pilpres 2019. PKS masih bersikukuh cawapres berasal dari sembilan nama yang diusulkan ke Gerindra, kemudian keduanya memilih lewat dua opsi.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS Mardani Ali Sera mengatakan dua opsi yang ditawarkan yakni pertama, Prabowo memilih cawapres dari sembilan nama yang telah dikirim PKS. Kedua, PKS akan memilih cawapres dari sembilan nama dan Prabowo menerimanya.

"Kedua proses ini yang sedang dijalankan," kata Mardani ketika dihubungi Katadata.co.id, Jumat (20/4).

(Baca juga: Beda Sikap soal Cawapres, PKS Klaim Masih Solid dengan Gerindra)

Sembilan nama kader internal hasil keputusan Majelis Syuro yang telah dikirim ke gerindra adalah Hidayat Nur Wahid, M Sohibul Iman, Ahmad Heryawan, Anis Matta, Irwan Prayitno, Salim Segaf Aljufri, Tifatul Sembiring, Muzammil Yusuf dan Mardani Ali Sera. Rencananya, Majelis Syuro PKS akan mengerucutkan nama-nama ini sebelum 13 Mei 2018.

Mardani mengatakan, meski belum ada titik temu, namun komunikasi antarkedua partai berjalan sangat intens. Salah satunya lewat pertemuan antara PKS dengan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Gerindra Sandiaga Uno di Restoran Meradelima, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (19/4) malam. Sandiaga diutus Prabowo khusus untuk membahas persoalan tersebut.

Menurut Mardani, pertemuan tersebut memastikan Gerindra dan PKS tetap solid berkoalisi dalam Pilpres 2019. Sehingga, keduanya hanya tinggal melakukan finalisasi terhadap calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung.

"Kami gembira karena Gerindra sudah punya nama PKS," kata Mardani. (Baca juga:  Belum Pasti Dukung Prabowo, PKS Jajaki Bangun Koalisi Baru)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...