Kinerja Kurang Bagus, Matahari Tutup Lagi Gerai Department Store

Image title
Oleh Ekarina
27 April 2018, 18:21
Matahari ritel
Katadata | Arief Kamaludin
Mataharitercatat telah mengoperasikan sekitar 155 gerai di 73 kota di Indonesia hingga akhir tahun lalu.

Perusahaan retail fashion PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF), kembali menutup satu unit gerai, kali ini berlokasi  di Medan, Sumatera Utara. Langkah itu dilakukan seiring dengan tidak diperolehnya kinerja yang signifikan sepanjang gerai tersebut beroperasi.

"Kami telah menutup satu unit gerai di pertengahan April 2018 karena kami tidak melihat potensi untuk gerai tersebut bertumbuh dan berkontribusi secara komersial," kata Corporate Secretary Matahari Department Store Miranti Hadisusilo di Jakarta, Jumat (27/4).

Advertisement

Tak hanya pertengahan bulan ini, sepanjang tahun lalu Matahari juga tercatat telah menutup sebanyak 4 unit gerai, disamping membuka 8 gerai baru. Chief Financial Officer Matahari Clarissa Joesoep menuturkan penutupan gerai di tahun lalu disebabkan oleh sewa kontrak Matahari dengan pihak pusat perbelanjaan yang sudah habis. Selain itu, perusahaan juga menilai performa keempat gerai tersebut kurang mumpuni dalam mendongkrak penjualan. Sehingga akhirnya perusahaan memutuskan untuk menutup gerai.

"Bila terjadi kondisi serupa, mungkin kita bisa apply prinsip yang sama di 2018 khususnya pada gerai yang secara komersil tidak memungkinkan lagi untuk tetap buka," ujar Clarissa.

Pelemahan industri retail memang ikut dirasakan Matahari. Pertumbuhan rata-rata penjualan tiap gerai atau same store sales growth (SSSG) perusahaan pada 2017 tercatat minus 1,2%. Sedangkan pada 2016 SSSG perusahaan bisa mencapai angka pertumbuhan sebesar 5,5% dan 6,8% di 2015.

(Baca : Daya Beli Melemah, Rata-rata Penjualan Gerai Matahari Turun 1,2%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement