Masyarakat Indonesia Lebih Aktif di Media Sosial saat Ramadan

Desy Setyowati
7 Mei 2018, 13:06
Internet digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Data Global Web Index menunjukkan, pengguna internet usia 18-64 tahun di Indonesia menggunakan ponsel pintar (smartphone) selama 4 jam 20 menit per hari selama Ramadan 2017. Lama waktu tersebut naik 2,2 kali lipat dibanding bulan-bulan lainnya.

Sebanyak 59% dari pengguna internet usia tersebut menghabiskan  waktu di media sosial. Lalu 53% melakukan percakapan dengan teman dan 43% membaca surat elektronik. Selain itu, Facebook mencatat pengguna internet yang melihat video naik 74% dan yang menggunakan aplikasi perpesanan naik 35% saat Ramadan 2017 dibanding periode sama 2016.

Tren ini dimanfaatkan oleh para pengiklan untuk memasarkan produknya. "Beberapa e-commerce dan pemilik merek besar menggunakan video dan Instagram Stories untuk pemasaran," ujar Market Science Leader - Facebook Indonesia Adisti Latief saat media briefing di kantornya, Jakarta, Senin (7/5).

Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia Achmad Alkatiri mengatakan, perusahaannya menggunakan pocket television (TV) untuk menyampaikan pesan kepada konsumen saat Ramadan. Tahun lalu, ada tiga pesan yang disampaikan yakni bisa bayar di tempat (cash on delivery/COD), gratis ongkos kirim, dan produk autentik. "Sekitar 80% anggaran pemasaran kami di online," kata dia.

(Baca juga: Instagram Kembangkan Fitur Pembayaran)

Menurut dia, hampir seluruh e-commerce fokus mengedukasi masyarakat untuk berbelanja online tahun lalu. Saat ini, ia memperkirakan semuanya gencar menawarkan produk yang sesuai dengan target konsumen. Oleh karenannya, mereka fokus mencari data seputar konsumen agar pesan yang disampaikan efektif.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...