Masuk Bursa, Saham BRI Syariah Naik 19,6%

Image title
9 Mei 2018, 11:38
Syariah
Katadata | Arief Kamaludin

PT Bank BRIsyariah Tbk, resmi mencatatkan diri sebagai emiten baru di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Initial Public Offering (IPO) dengan kode BRIS. Dalam perdagangan saham perdananya hari ini, harga saham BRIS naik 19,6 persen menjadi Rp 610 per saham.

BRIsyariah merupakan anak usaha BUMN di bidang syariah yang pertama melaksanakan penawaran umum saham perdana. Anak perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini meIepas 2,62 miliar Iembar saham baru atau sebesar 27 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Advertisement

BRlsyariah menunjuk empat penjamin pelaksana emisi atau Joint Lead Underwriters, yaitu Bahana Sekuritas, CLSA Sekuritas, Danareksa Sekuritas, dan indoPremier Sekuritas. Mereka menyatakan kesanggupan penuh (full commitment) berdasarkan hasil penawaran awal (bookbuilding). Saat penawaran, saham perusahaannya mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe) sebanyak dua kaIi.

Direktur Utama BRIsyariah M. Hadi Santoso mengatakan dengan menjadi perusahaan publik, BRIsyariah akan konsisten menjadi perusahaan yang memiliki tata kelola Good Corporate Governance (GCG) yang baik. "Agar dapat membawa berkah dan menjaga amanah kepada seluruh masyarakat, serta stakeholders perusahaan," katanya di Mainhall BEI, Jakarta pada Rabu (9/5).

(Baca: Pertumbuhan Perbankan Syariah Tergilas Fintech)

Dia menjelaskan hasiI IPO dan laba tahun ini akan membuat modal BRIsyariah masuk daIam bank kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III, yakni di rentang Rp 5-30 triliun. Dengan begitu, akan semakin mudah bagi perseroan dalam mengembangkan produk dan jaringan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement