Pemerintah Dikabarkan Tambah Lagi Impor Beras 500 Ribu Ton

Michael Reily
9 Mei 2018, 17:52
beras
Katadata | Arief Kamaludin
Beras merupakan komooitas pangan selalu memiliki permintaan yang tinggi, terutama menjelang hari Raya.

Indonesia dikabarkan telah melakukan tambahan impor beras untuk konsumsi masyarakat sebanyak 500 ribu ton. Tambahan jumlah impor ini menjadikan pengadaan beras dari luar negeri mencapai 1 juta ton, setelah pada 15 Januari 2018 lalu pemerintah memutuskan untuk impor sebanyak 500 ribu ton.

Isu ini muncul setelah laporan Saigon Times pada 2 April 2018 mengungkapkan bahwa ada tambahan ekspor beras Vietnam ke Indonesia sebanyak 300 ribu ton. Nguyen Ngoc Nam, Ketua Vietnam Food Association (VFA) menjelaskan bahwa impor beras 300 ribu ton ke Indonesia merupakan transaksi ketiga sepanjang 2018.

Saigon Times juga menyebut ada tambahan 200 ribu ton beras dari Thailand untuk menggenapi jumlah impor jadi 500 ribu ton. Sehingga, secara total Indonesia telah mengimpor beras sebanyak 1 juta ton.

(Baca : 219 Ribu Ton Beras Impor Siap Masuk Gudang Bulog Hingga Juni 2018)

Sumber Katadata yang mengetahui hal tersebut membenarkan bahwa ada kebijakan pemerintah untuk melakukan impor beras tambahan. Meski tidak disebutkan alasannya secara jelas, kemungkinan impor dilakukan dalam rangka stabilisasi harga.

Sementara ketika dikonfirmasi secara terpisah, Direktur Pengadaan Perum Bulog Andrianto Wahyu Adi menolak berkomentar terhadap kebijakan impor. “Masalah importase beras, sumber info satu pintu di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian,” kata Andrianto kepada Katadata, Kamis, 25 April lalu.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...