219 Ribu Ton Beras Impor Siap Masuk Gudang Bulog Hingga Juni 2018

Michael Reily
27 Maret 2018, 19:34
Beras bulog
ANTARA FOTO/Rahmad
Tumpukan beras di Gudang Bulog di Lhokseumawe, Aceh, 31 Januari 2018.

Perum Bulog telah menyelesaikan tender impor beras dari  Asia Selatan serta kontrak pengadaan beras dari Vietnam serta Thailand.  Alhasil, sebanyak  219 ribu ton beras impor diprediksi siap memenuhi gudang Bulog hingga Juni mendatang. 

Direktur Pengadaan Bulog Andrianto Wahyu Adi menjelaskan,  beras impor tahap II yang akan datang kali ini berasal dari Thailand sebanyak 83.400 ton,  Vietnam 55.600 ton,  India 30 ribu ton dan 50 ribu ton beras asal Pakistan.

Dengan begitu, jika dijumlahkan dengan impor beras datang sebelumnya sebanyak 281 ribu ton, maka secara total  beras yang telah diimpor jumlahnya mencapai 500 ribu ton, sesuai dengan target pengadaan beras impor dari pemerintah yang telah diputuskan dalam  rapat koordinasi terbatas (Rakortas) di Kemenko Perekonomian.

(Baca : Bulog Akan Buka Tender 80 Ribu Ton Beras Impor Besok)

"Akan terus kami kawal pengirimannya hingga seluruh beras impor tiba di Indonesia," ujar Andrianto kepada Katadata, Selasa (27/3).

Rencananya, beras dari Vietnam dan Thailand bakal sampai di Indonesia pada 31 Maret.  Sementara untuk pengiriman dari India dan Pakistan masuk pada  medio Mei hingga Juni.  Untuk memaksimalkan  pemenuhan target kuota impor, Bulog  sebelumnya  telah meminta perpanjangan waktu pengiriman dan pengadaan beras hingga Juni 2018.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...