Total dan AKR Ikuti Shell Minta Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi

Anggita Rezki Amelia
25 Mei 2018, 18:14
spbu
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Total Oil Indonesia dan PT AKR Corporindo Tbk meminta adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi. Sebelumnya, Shell Indonesia mengajukan permohonan untuk menaikkan harga BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) nya.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan sudah menerima usulan dari dua badan usaha tersebut mengenai keinginan menaikkan harga. "Total dan AKR mengajukan perubahan harga. Saya terima sampai hari ini," kata dia di Jakarta, Jumat (25/5).

Head of Investor Relation AKR Ricardo Silaen juga membenarkan hal tersebut. Meski tak mau merinci mengenai harga, yang jelas pertimbangan mengajukan kenaikan adalah meningkatnya harga minyak dunia.

AKR mengajukan perubahan harga BBM beroktan 92. "Kami sudah masukin per hari ini, untuk RON 92 saja, mungkin 10 hari kerja prosesnya," kata Ricardo.

Ricardo mengatakan perusahaan tetap mematuhi aturan pemerintah dengan tidak mengambil margin melebihi 10%. Saat ini, Produk RON 92 AKR bernama Akra 92 ini dijual sebesar Rp 8.700 per liter untuk wilayah DKI Jakarta.

Sementara itu, Total mengajukan permohonan kenaikan melalui surat bernomor 269/TOI-ESDM/FGI/21-05-2018 dengan tanggal 21 Mei 2018. Surat itu ditujukan kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...