BTPN Naikkan Modal Dasar Hingga Dua Kali Lipat

Image title
7 Juni 2018, 14:40
BTPN
Arief Kamaludin|Katadata

Pemegang saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menyepakati perubahan Anggaran Dasar mengenai modal dasar perseroan. Mereka setuju untuk meningkatkan modal dasar perseroan hingga dua kali, dari Rp 150 miliar menjadi Rp 300 miliar. 

"Nilai nominal saham, tetap sama yakni Rp 20 per saham," kata Direktur BTPN Anika Faisal ketika ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) terkait penambahan modal dasar ini di Menara BTPN, Jakarta pada Kamis (7/6).

Dengan perubahan modal dasar ini, jumlah saham yang diterbitkan bertambah dari 7,5 miliar saham menjadi 15 miliar saham. Sementara itu, presentase jumlah saham dalam portepel ikut meningkat dari 22 persen menjadi 61 persen.

(Baca: Lepas 10% Saham, BTPN Syariah Bidik Dana IPO Rp 754 Miliar)

Penambahan modal dasar ini, merupakan antisipasi BTPN dalam menghadapi tantangan perusahaan di masa mendatang. Anika melihat perusahaan ini akan terus bertumbuh dan berkembang sehingga perlu dilakukan penambahan modal dasar.

Dengan begitu, BTPN memiliki ruang yang cukup, apabila ingin menambah modal seperti melalui right issue. "Kalau belum ada modal dasarnya, tidak bisa dibayarkan, tidak bisa disetorkan," kata Anika.

Penambahan modal dasar ini hanya berdampak pada peningkatan jumlah saham dalam portepel, sedangkan komposisi pemegang saham maupun jumlah kepemilikannya tetap sama. Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) tetap memiliki 40 persen saham, Summit Global Capital Management BV menggenggam 20 persen, dan pemegang saham publik menguasai 40 persen saham.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...