Uni Eropa Cabut Larangan Terbang Semua Maskapai Indonesia

Arnold Sirait
15 Juni 2018, 09:05
Pesawat Air Asia dan Garuda
DONANG WAHYU | KATADATA
ilustrasi

Komisi Eropa akhirnya menghapus semua nama maskapai Indonesia dari Daftar Keselamatan Penerbangan Uni Eropa. Daftar keselamatan penerbangan itu berisi tentang maskapai penerbangan yang tidak memenuhi standar keselamatan internasional. Alhasil, maskapai yang masuk daftar itu dilarang atau dibatasi ruang geraknya di wilayah udara Uni Eropa.

Adapun, semua maskapai penerbangan yang tersertifikasi di Indonesia telah lepas dari daftar larangan, per Kamis (14/6). Ini karena ada perbaikan lebih lanjut terhadap rantai-rantai terlemah dari aspek keselamatan penerbangan Indonesia.

Komisioner Uni Eropa urusan Transportasi Violeta Bulc menyatakan Daftar Keselamatan Penerbangan Uni Eropa adalah salah satu instrumen utama bagi warga Eropa agar keselamatan penerbangan terus dijaga pada tingkat standar tertinggi. “Saya sangat bersyukur bahwa setelah adanya kerja keras bertahun-tahun, hari ini kami dapat menghapus semua maskapai penerbangan Indonesia dari daftar larangan tersebut,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, dikutip Jumat (15/6).

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guérend mengatakan: "Selamat kepada mitra-mitra kami di Indonesia, terutama Kementerian Perhubungan dan maskapai-maskapai penerbangan Indonesia, atas upaya luar biasa yang telah mereka lakukan untuk mengatasi berbagai aspek masalah keselamatan penerbangan,” ujar dia.

Semua maskapai penerbangan Indonesia dimasukkan dalam Daftar Keselamatan Penerbangan Uni Eropa pada tahun 2007 karena berbagai kekurangan dalam pemenuhan aturan keselamatan penerbangan. Dalam beberapa tahun kemudian, maskapai utama seperti Garuda Indonesia, Airfast Indonesia, Ekspres Transportasi Antarbenua, Indonesia Air Asia, Citilink, Lion Air dan Batik Air telah dihapuskan dari daftar larangan tersebut, tapi yang lainnya tetap dalam daftar larangan hingga hari ini.

Daftar Keselamatan Penerbangan Uni Eropa bertujuan untuk memastikan tingkat keselamatan penerbangan tertinggi bagi warga Eropa. Hal ini merupakan prioritas utama dari strategi penerbangan Uni Eropa.

Daftar Keselamatan Penerbangan Uni Eropa tidak saja membantu menjaga tingkat keselamatan yang tinggi di kawasan Uni Eropa, tapi membantu negara-negara yang terkena dampak untuk meningkatkan tingkat keselamatan penerbangan mereka. Alhasil, mereka bisa lepas dari daftar larangan tersebut.

(Baca: Pemerintah Melunak Soal Wacana Penghentian Pembelian Pesawat dari UE)

Selain itu, Daftar Keselamatan Penerbangan Uni Eropa telah menjadi alat pencegahan utama. Daftar itu memotivasi negara-negara yang menghadapi masalah keselamatan penerbangan untuk mengambil tindakan sebelum larangan diterbitkan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...