Incredibles 2 Raih Rekor Baru Film Animasi Rp 2,5 Trilun

Muchamad Nafi
18 Juni 2018, 12:32
Ilustrasi Film
Katadata

Film animasi besutan Disney-Pixar, “Incredibles 2”, sukses dalam sepekan penayangan pekan pertamanya. Diputar di 4.410 lokasi di Amerika Serikat dan Kanada, sekuel superhero ini meraup US$ 180 juta atau sekitar Rp 2,5 triliun.

Dengan pencapaian tersebut, “Incredibles 2” menjadi film animasi terbaik sepanjang masa dengan mematahkan rekor yang disandang sekuel Pixar lainnya, “Finding Dory”. Pada 2016 itu, kartun yang bercerita kehidupan ikan di samudera tersebut meraih pendapatan US$ 135 juta, sekitar Rp 1,9 trilun.

Advertisement

Bila menghitung pemasukan di luar kedua negara tersebut -termasuk dari Indonesia yang mulai tayang pada 14 Juni 2018- “Incredibles 2” meraih US$ 51,5 juta. Sehingga, total pendapatan globalnya mencapai US$ 231,5 juta, sekitar Rp 3,2 triliun.

Menurut Kepala Distribusi Disney, Cathleen Taff, kesuksesan tersebut seiring penayangan besar-besaran sebagai respons atas permintaan film lanjutan “Incredibles” yang begitu tinggi. Seri pertama film ini bereder di bioskop pada 2004. (Baca juga: Bukalapak Rilis Fitur Nonton Film Gratis dan Tanpa Kuota).

“Kami sangat senang,” kata Taff sebagaimana dikutip Reuters. “Brad dan tim membuat film hebat yang memberikan sesuatu untuk semua orang.” Brad Bird adalah sutraddara film tersebut.

Seperti film pendahulunya, “Incredibles 2” masih bercerita tentang keluarga Parr yang berusaha memiliki kehidupan normal dengan kekuatan super mereka. Pengisi suaranya pun masih tokoh lama, yaitu Holly Hunter, Craig T. Nelson, Sarah Vowell, dan Samuel L. Jackson. Adapun Bob Odenkirk, Catherine Keener, dan Sophia Bush menyuarakan karakter baru.

Analis film box office Paul Dergarbedian mengatakan, film ini memiliki kekuatan gambar sebuah genre superhero, dalam aksi langsung atau dunia animasi. “Kombinasi Pixar dan strategi pemasaran dan distribusi yang dilakukan dengan sempurna oleh Disney menjadikan film ini sebagai film klasik instan yang kuat,” ujarnya.

Hasilnya, hingga hari ini, “Incredibles 2” mencetak pembukuan terbesar ketiga pada 2018. Posisi pertama ditempati Disney-Marvel dengan “Black Panther” yang meraih US$ 257,7 juta dan “Avengers: Infinity War” senilai US$ 202 juta menempati urutan kedua. (Baca pula: Bekraf Lobi Lotte Group Untuk Realisasi Bangun Bioskop di Daerah.

Meskipun film ini ditujukan untuk laki-laki, 51 persen penontonnya ternyata perempuan. “Incredibles 2” pun menduduki peringkat kedelapan film dengan perolehan terbanyak pada awal pemutarannya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement