Bukalapak Rilis Fitur Nonton Film Gratis dan Tanpa Kuota

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

11/6/2018, 17.53 WIB

Fitur BukaNonton dari Bukalapak untuk sementara hanya akan menampilkan 20 film Indonesia pilihan untuk menemani perjalanan mudik di kereta api.

Mudik Kereta Api
Arief Kamaludin | Katadata

Setelah Go-Jek menyiapkan Go-Play untuk memasuki bisnis konten, kini giliran Bukalapak merilis fitur streaming film, yang disebut BukaNonton. Bukalapak juga menyediakan Wireless Fidelity (WiFi), sehingga layanan ini bisa diakses gratis tanpa menghabiskan kuota internet.

Vice President of Marketing Bukalapak Bayu Syerli mengatakan, fitur BukaNonton bisa diakses lewat aplikasi Bukalapak mulai 11 Juni 2018. Namun, karena fitur ini masih dalam tahap uji coba, maka layanan WiFi gratis baru bisa dinikmati oleh penumpang kereta api Sembrani I, Sembrani II, dan Bima, yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta.

"Fitur ini untuk menemani dan memberi pengalaman baru kepada penumpang kereta, dengan suguhan konten hiburan gratis dan bebas kuota data," kata Bayu dalam siaran pers yang diterima Katadata, Senin (11/6).

Fitur BukaNonton menyediakan 20 ragam film pilihan dari berbagai genre. Di antaranya, Dilan 1990; Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 dan 2; Si Juki The Movie; My Stupid Boss; Comic 8; Comic 8: Casino Kings Part 1 dan 2; Teman Tapi Menikah; Laskar Pelangi 2: Edensor; Coboy Junior The Movie; Benyamin Biang Kerok; Sajadah Ka'bah; Haji Backpacker; Surat Kecil untuk Tuhan; Jomblo; Negeri Van Oranje; Bulan Terbelah di Langit Amerika Part 1 dan 2; serta, Keluarga Tak Kasat Mata.

(Baca juga: Pentingnya Keamanan Data Konsumen di Mata Bos Go-Jek dan Blue Bird)

Selain konten film dan games, BukaTalks dan BukaMusik juga tersedia di BukaNonton. Layanan ini memang ditargetkan untuk pengguna yang akan melakukan perjalanan mudik. "Perjalanan mudik jadi lebih menyenangkan dan bermanfaat walau tidak ada koneksi internet," kata Bayu.

Untuk bisa menikmati layanan BukaNonton, pengguna perlu mengakses aplikasi Bukalapak versi Android dan IOS. Lalu, ganti sambungan internet ke WiFi: BukaNonton by Bukalapak. Setelah itu, buka aplikasi Bukalapak dan klik ikon BukaNonton. Pilih kategori film yang dinginkan.

Karena layanan ini masih anyar, Bukalapak menyediakan stan informasi di selasar Barat dekat lobi Selatan Stasiun Gambir, Jakarta. "Semoga kedepan, BukaNonton bisa terus dinikmati oleh seluruh pengguna Bukalapak dimanapun dan kapanpun,” ujar dia.

Selain Bukalapak, perusahaan transportasi berbasis online Go-Jek berencana masuk bisnis konten melalui aplikasi yang diberi nama Go-Play. Seperti Netflix yang memproduksi sendiri beberapa tayangannya, beberapa konten yang tayang melalui Go-Play nantinya juga akan diproduksi secara internal melalui Go-Studios.

(Baca juga: Merugi tapi Valuasinya Naik, Fenomena Bisnis Digital Indonesia)

Hanya, konsep Go-Play maupun Go-Studios tersebut masih dalam tahap awal perencanaan. "Masih dalam tahap eksplorasi konsep terkait dengan pembuatan konten kreatif," ujar Chief of Corporate Affairs Go-Jek Nila Marita kepada Katadata.

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha