Indonesia Minta Klarifikasi Impor Sawit Eropa 2030 melalui WTO

Michael Reily
26 Juni 2018, 14:08
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Buah kelapa sawit hasil panen di salah satu perkebunan di Riau.

Pemerintah Indonesia menyampaikan ketidakpuasannya terhadap penerbitan amandemen Renewable Energy Directive (RED) Uni-Eropa. Ketidakpuasannya itu telah disampaikan melalui  Komite Hambatan Teknis Perdagangan (Technical Barriers to Trade World Trade Organizatio/ WTO) guna meminta klarifikasi Uni-Eropa terkait pelarangan  minyak kelapa sawit dan produk turunannya pada 2030.

Direktur Pengamanan Perdagangan, Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Pradnyawati mengungkapkan Indonesia telah menyampaikan aduannya dalam pertemuan Komite WTO di Jenewa, Swis pada 19 sampai 21 Juni 2018. Sebab, prinsip dasar WTO mewajibkan seluruh anggotanya untuk memberikan perlakukan yang sama terhadap seluruh komoditas.

Advertisement

Contohnya untuk minyak nabati, baik yang merupakan varietas unggulan Eropa seperti rape seed atau produk sejenis lainnya. Aturan juga tidak semestinya membatasi produksi domestik maupun  impor.

“Kami mendorong Uni-Eropa agar memberikan kepastian berkenaan dengan pemenuhan komitmen 32% energi terbarukan yang seharusnya tidak secara khusus diberlakukan untuk  minyak kelapa sawit, namun juga diberlakukan bagi seluruh minyak nabati lainnya,” kata Pradnyawati kepada Katadata, Selasa (26/6).

(Baca : Uni Eropa Buka Impor Sawit Hingga 2030)

Dia berharap rencana Uni-Eropa bisa melakukan studi  lebih lanjut berkenaan dengan rencana penggunaan energi terbarukan yang  nantinya akan digunakan sebagai bahan pendukung kebijakan RED. Namun, studi harus dilakukan secara obyektif dan tidak semata-mata diarahkan pada negara berkembang yang memiliki hutan dengan beragam keanekaragaman hayati.

Indonesia juga mendorong Uni-Eropa supaya tidak menciptakan suatu kebijakan bersifat membatasi daripada kebutuhan. “Pembentukan beragam standardisasi  akan menghambat akses pasar berbagai produk negara berkembang ke wilayah Uni Eropa,” ujar Pradnyawati.

Uni-Eropa sedang dalam proses menyusun amandemen RED yang bertujuan untuk mendiversifikasi persediaan energi dan mengurangi emisi gas rumah kaca dengan penggunaan energi terbarukan. Rencananya, pada 2030, sebanyak 32% sumber energi  Uni Eropa akan berasal dari energi terbarukan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement