Jokowi Akan Resmikan Pembangkit Tenaga Angin Pertama di Indonesia

Image title
2 Juli 2018, 10:08
PLTB Sidrap
Katadata
PLTB Sidrap

Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sindereng Rappang (Sidrap) di Sulawesi Selatan Senin (2/7). Pembangkit ini merupakan pertama yang ada di Indonesia.

PLTB Sidrap berkapasitas 75 megawatt (MW) dan digerakkan 30 Wind Turbin Generator atau kincir angin dengan tinggi masing-masing mencapai 80 meter dan panjang baling-baling 57 meter. Sebagai perbandingan, PLTB Burgos di Filipina memiliki kapasitas 150 MW.

Satu kincir anginnya mampu menghasilkan 2,5 MW. Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 40%.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pernah menjelaskan pada awal Oktober tahun lalu, Kabupaten Sidrap dipilih karena memiliki potensi angin yang bagus sehingga cocok untuk dibangun pembangkit listrik berbasis angin. Adapun estimasi kecepatan angin di lokasi tersebut berkisar 7 meter per detik (m/s).

Proyek PLTB ini dikembangkan oleh PT UPC Sidrap Bayu Energi dengan investasi senilai US$ 150 juta. PT UPC Sidrap Bayu Energi merupakan konsorsium yang terdiri dari UPC Renewables Asia I, UPC Renewables Asia III, Sunedison dan Binatek Energi Terbarukan.

Sebagian biaya proyek yang dibangun di atas tahan seluas 100 hektare ini, berasal dari pinjaman Overseas Private Investment Corporation (OPIC), yakni lembaga keuangan pembangunan pemerintah Amerika Serikat. Jumlah pinjamannya US$ 120 juta dengan jangka waktu 16,5 tahun.

Proyek yang sudah beroperasi di akhir Maret 2018 membutuhkan waktu pembangunan sekitar 2,5 tahun atau sejak Agustus 2015. Pembangkit ini dapat mengalirkan listrik ke lebih dari 70 ribu rumah pelanggan dengan asumsi daya 900 VA. Sedangkan jika dayanya 450 VA maka listrik yang dihasilkan dapat dinikmati oleh 140 ribu rumah.

Pembangunan PLTB Sidrap merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menggalakkan bauran energi primer Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang ditargetkan sebesar 23% pada tahun 2025 mendatang. “Keberpihakan Pemerintah kepada EBT,” ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, kepada Katadata.co.id, Senin (2/7).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...