Pelonggaran Uang Muka KPR Insentif di Tengah Usainya Era Bunga Rendah

Rizky Alika
2 Juli 2018, 15:05
Perumahan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Para ekonom dan bankir menyambut positif kebijakan Bank Indonesia (BI) merelaksasi ketentuan uang muka kredit rumah. Ketentuan tersebut digadang-gadang bakal menyokong penyaluran kredit perbankan dan pertumbuhan ekonomi di tengah berakhirnya era suku bunga rendah.

“Saya cukup optimistis kebijakan ini akan efektif mengurangi dampak negatif kenaikan suku bunga terhadap pertumbuhan,” kata Direktur Riset Center of Reform on Economy (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan kepada katadata.co.id, Senin (2/7).

Sepanjang Mei-Juni, suku bunga acuan BI 7 Days Repo Rate telah naik total 1% ke level 5,25% untuk meredam arus keluar dana asing yang menekan kurs rupiah. Namun, kenaikan tersebut, cepat atau lambat, akan memengaruhi bunga deposito dan bunga kredit. Kenaikan bunga kredit bisa jadi disinsentif bagi pertumbuhan kredit bank yang masih lambat.

Piter memprediksi pelonggaran uang muka kredit perumahan bakal membantu mendorong pertumbuhan kredit meski tak signifikan. Kredit perbankan diperkirakan bisa tumbuh berkisar 11-12% (year on year /yoy) tahun ini, lebih tinggi dibandingkan 8% pada tahun lalu.

(Baca juga: BI Hapus Batasan Minimal Uang Muka Kredit Rumah Pertama)

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi diperkirakan berkisar 5,1-5,2%, atau meleset dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yaitu 5,4%. “Kebijakan ini (uang muka perumahan) hanya akan membantu menahan turunnya pertumbuhan ekonomi hingga di bawah 5%,” kata dia.

Secara khusus, Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual berpendapat pelonggaran uang muka bakal mendorong pertumbuhan kredit perumahan untuk segmen masyarakat menengah bawah. Namun, tidak akan signifikan mendorong pertumbuhan kredit perumahan untuk segmen di atasnya.

“(Sebab) masih ada faktor lain yang dipertimbangkan masyarakat menengah atas selain down payment,” kata David. Faktor yang dimaksud seperti tingginya harga dari properti yang diinginkan, kenaikan harga yang masih rendah, dan pajak. Faktor ini jadi pertimbangan lantaran biasanya masyarakat menengah atas membeli rumah untuk investasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...