PGN Pastikan Pipa Bocor di Bojonegara Bukan Miliknya

Arnold Sirait
9 Juli 2018, 14:59
PGN
Arief Kamaludin | Katadata

PT Perusahaan Gas Negara/PGN Tbk membantah pipa gas yang mengalami kebocoran di perairan Bojonegara bukanlah miliknya. Ini karena lokasi antara pipa yang bocor dan miliknya berbeda.

Sekretaris Perusahaan PGN Rahcmat Hutama mengatakan berdasarkan informasi koordinat didapatkan dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten Senin (9/7) pukul 09.45 WIB. Dalam laporan itu, kebocoran pipa gas di area perairan Bojonegara pada posisi 5o 55' 52" S / 106o 07' 075" E.

Mengacu laporan itu, PGN yakin itu bukan lah pipa miliknya. “Dari plot koordinat, posisi kebocoran tidak berada di jalur pipa PGN, namun lebih dekat pada jalur pipa gas milik produsen yang mengalirkan gas dari Pulau Pabelokan ke Cilegon,” kata dia berdasarkan keterangan persnya, Senin (9/7).

Menurut Rachmat, kepastian itu bukan pipanya juga sesuai dengan hasil koordinasi dan survei KSOP dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Banten. Dalam koordinasi itu, KSOP dan KPLP menghubungi dan koordinasi dengan produsen.

“Didapatkan konfirmasi bahwa pipa produsen yang bocor dan saat ini sudah di-declare kondisi krisis,” ujar Rachmat. Namun, kondisi dan penyebab kebocoran masih dalam pemeriksaan dan penyelidikan dari produsen.

PGN juga menjamin tidak ada gangguan akibat kebocoran pipa gas tersebut. Hingga kini, kondisi penyaluran Pipa PGN dari LBM-BJN dalam kondisi normal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...