Pipa Gas Bawah Laut Pabelokan-Cilegon Alami Kebocoran

Arnold Sirait
9 Juli 2018, 14:13
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA
ilustrasi

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melaporkan adanya kebocoran pipa gas bumi. Pipa itu mengalirkan gas dari Pabelokan, Kepulauan Riau ke Cilegon, Banten.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher  hingga kini belum bisa memastikan pipa tersebut milik PT Perusahaan Gas Negara/PGN Tbk atau perusahaan asal Tiongkok, CNOOC. Penyebabnya hal tersebut  masih dalam pengecekan.

“Bersama ini di sampaikan preliminary information bahwa telah terjadi kebocoran subsea gas pipeline 20"OD yang mengalirkan gas dari Pabelokan CNOOC ke Cilegon,” kata Wisnu kepada Katadata.co.id, Senin (9/7).  

SKK Migas juga belum bisa memastikan penyebab kebocoran dari pipa tersebut. Alasannya tim masih melakukan investigasi mengenai kebocoran tersebut.

Yang jelas, tim penyelam sudah dikerahkan ke lokasi yang diduga mengalami kebocoran. “Penyebab kebocoran masih under investigation. Diving Support Vessel dan penyelam sedang dalam perjalanan dari Pabelokan ke Cilegon. Laporan lengkap akan disusulkan kemudian,” ujar Wisnu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...