Nasdem dan Berkarya Gaet Artis sebagai Strategi di Pileg 2019

Dimas Jarot Bayu
16 Juli 2018, 17:03
nomor urut partai politik
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Sejumlah pengurus partai politik menghadiri pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjadi partai pertama yang telah mendaftarkan calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (16/7). Nasdem mendaftarkan 20.391 caleg untuk 2.552 daerah pemilihan (dapil). Untuk DPR sendiri, Nasdem mendaftarkan 575 caleg dari 80 dapil.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, banyak artis yang ikut hadir dalam pendaftaran caleg Nasdem ke KPU. Mereka antara lain Nafa Urbach, Manohara Pinot, Tessa Kaunang, Wanda Hamidah, dan Krisna Mukti.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Platte mengatakan, Nasdem memang banyak mendaftarkan caleg yang berasal dari artis. Menurut Johnny, dipilihnya para artis sebagai caleg lantaran mereka membutuhkan saluran politik untuk mendukung profesi mereka.

(Baca juga: Survei LSI Denny JA: PKS, PAN dan Nasdem Terpental dari Parlemen 2019)

Pemilihan artis sebagai caleg juga menjadi salah satu strategi Nasdem untuk bisa memenangkan Pileg 2019. Johnny beralasan, banyak dari artis-artis ini memiliki pendidikan tinggi, berintegritas, serta melek politik. Selain itu, mereka memiliki basis elektoral yang bagus dan berpotensi dikembangkan ke depannya.

"Artis-artis punya popularitas yang tinggi, kami akui itu. Keterkenalannya tinggi, tentu ada kerja politik supaya bisa jadi basis elektoral," kata Johnny di KPU, Jakarta, Senin (16/7).

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...