Jokowi dan TGB Kunjungi Korban Gempa Lombok, Janjikan Uang Ganti Rugi

Ameidyo Daud Nasution
30 Juli 2018, 13:45
Jokowi berkunjung ke NTB
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi tiba di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III, Sumbawa Besar, Sumbawa, NTB, Minggu (29/7).

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mengunjungi wilayah yang terdampak gempa di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Dia memastikan pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban.

Pemerintah akan mengganti kerugian warg yang tempat tinggalnya hancur karena gempa "Rata-rata (diberikan) Rp 50 juta kurang lebih," kata Jokowi dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Senin (30/7).

Advertisement

Uang tersebut dapat dicairkan besok sehingga masyarakat dapat segera memperbaiki rumahnya. Untuk membantu masyarakat membangun dan merenovasi rumahnya, Jokowi akan menerjunkan personel Polda NTB serta TNI. Sedangkan supervisinya akan dilakukan Kementerian PUPR.

Saat ini pendataan warga korban dan perhitungan kerugiannya masih diverifikasi di tingkat kelurahan dan kecamatan. Setelah itu, Gubernur NTB akan menetapkan jumlah korban dan dan besar kerugiannya untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Jokowi meminta Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang/TGB) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengawal pemberian bantuan tersebut. Mereka juga ikut menemani Presiden mengunjungi para korban gempa tersebut.

Sedangkan untuk masyarakat yang masih terjebak di pendakian Gunung Rinjani, Jokowi mengatakan hal tersebut ditangani sejak kemarin oleh Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan TNI. "Semua kerja sama dan semoga bisa segera selesai," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement