Dua Bulan Terakhir, Indonesia Alami 434 Gempa Bumi

Anggita Rezki Amelia
6 Maret 2018, 16:22
Gempa
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Siswa SMKN 3 Kota Tasikmalaya membersihkan meterial ruruntuhan bangunan ruang kelas yang ambruk pasca gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter di Taman Sari, Jawa Barat, Selasa (19/12).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah mencatat sejumlah kejadian gempa bumi sejak Januari hingga Februari 2018. Dalam dua bulan terakhir itu sudah ada 434 kejadian gempa bumi di beberapa wilayah Indonesia.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudy Suhendar mengatakan dari jumlah tersebut sebanyak tiga kejadian gempa bumi yang menimbulkan kerusakan. Tiga kejadian itu ada di Lebak-Banten, Pidie- Aceh, dan Bovendigoel-Papua.

Akibat gempa di tiga lokasi itu mengakibatkan 2.858 rumah dan bangunan rusak. Selain itu terdapat satu korban meninggal dunia. "Gempa ini telah terjadi di dalam Januari hingga Februari 2018," kata dia di Jakarta, Senin (6/3).

Selain gempa bumi, Badan Geologi juga mencatat sejumlah bencana alam lainnya seperti aktivitas gunung berapi dan pergerakan tanah. Sepanjang dua bulan terakhir, ada 69 gunung api yang diamati intensif oleh Badan Geologi.

Dari jumlah itu, sebanyak empat gunung api mengalami erupsi. Pertama, Gunung Sinabung, Sumatera Utara yang mengalami erupsi 126 kali. Kedua, Gunung Agung di Bali yang mengalami erupsi 15 kali. Ketiga, Gunung Dukono di Maluku Utara sebanyak 144 kali. Keempat, Gunung Ibu di Maluku Utara sebanyak 2.629 kali.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...