Mendag Serahkan Pembangunan 5 Pasar Tradisonal ke Kementerian PUPR

Ameidyo Daud Nasution
1 Agustus 2018, 15:17
Pasar Tradisional
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita hari ini menemui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Pertemuan ini terkait pelimpahan tanggung jawab pembangunan pasar tradisional besar dari Kementerian Perdagangan kepada Kementerian PUPR.

Hal ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Kementerian Perdagangan fokus mengurusi tata niaga. Sedangkan pembangunan fisik diserahkan kepada Kementerian PUPR.

Rencananya pembangunan 5 pasar tradisional besar ini akan dimulai pada tahun depan. "Jadi kami lapor ke Menteri PUPR untuk meminta tolong," kata Enggartiasto di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (1/8).

(Baca juga: Kementerian PUPR Targetkan 9 Proyek Bendungan Rampung Tahun Ini)

Setelah pembahasan ini, kedua menteri akan meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk mengalihkan anggaran pembangunan pasar. Jika sebelumnya ada di Direktorat Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, nantinya anggaran pembangunan pasar akan menjadi jatah Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR.

Enggar, panggilan akrab Enggartiasto juga menyebut pasar tradisional tersebut berada di wilayah Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...