Pemerintah Targetkan 500 Ribu Wisatawan Datang ke Bandara Silangit

Image title
2 Agustus 2018, 17:12
AirAsia
Youtube

Pemerintah menargetkan Bandar Udara Internasional Silangit di Sumatra Utara bisa menarik 500 ribu wisatawan tahun ini. Jumlah ini meningkat hampir  dibandingkan jumlah wisatawan yang masuk melalui bandara tersebut tahun lalu sekitar 85 ribu kunjungan.

Untuk menunjang target ini, pemerintah meningkatkan kapasitas dan fasilitas bandara, salah satunya dengan memperpanjang landasan pacu pesawat (runway) dari 2.650 meter menjadi 3.000 meter. Perpanjangan runway dilakukan agar bandara ini bisa mengakomodasi pesawat berbadan besar.

Selain itu, tempat parkir pesawat (apron) juga diperluas dan akan dibangunan terminal untuk mengakomodasi lebih banyak pesawat. Fasilitas lainnya juga ditambah untuk meningkatkan daya tampung penumpang di bandara tersebut. (Baca: Dorong Wisata Danau Toba, Batik Air Akan Terbang ke Silangit)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pada 2015 data wisatawan yang masuk ke Bandara Silangit, baru mencapai 17 ribu kunjungan. Dalam dua tahun, jumlah kunjungannya meningkat hampir mencapai 500%.

Tahun ini ditargetkan bisa meningkat lebih tinggi lagi, seiring dengan pembukaan rute baru AirAsia ke bandara tersebut "Tahun ini kami targetkan 500 ribu wisatawan akan datang ke Silangit. Itu salah satunya dengan kegiatan AirAsia ini," Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (2/8).

Maskapai penerbangan AirAsia resmi membuka rute internasional baru penerbangan dari Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2), Malaysia, ke Bandara Silangit. Penerbangan perdananya dilakukan pada 28 Oktober 2018. Rute ini diharapkan mendorong jumlah wisatawan asing yang masuk ke Indonesia.

(Baca: AirAsia Ajukan Minat Bangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta)

CEO AirAsia Tony Fernandes mengatakan rute ini dipilih karena lokasi Bandara Silangit tidak terlalu jauh dengan daerah pariwisata Danau Toba. AirAsia membuka rute ini sebagai komitmen dalam mendukung pemerintah mengembangkan 10 tujuan wisata prioritas, salah satunya Danau Toba.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...