Pertumbuhan Investasi Kuartal II Tertinggi di Periode Sama Sejak 2013

Rizky Alika
Oleh Rizky Alika - Martha Ruth Thertina
9 Agustus 2018, 18:29
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Pertumbuhan investasi yang hanya mencapai 5,87% secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal II tahun ini jadi sorotan banyak pihak. Sebab, tiga kuartal sebelumnya pertumbuhannya di atas 7%. Namun, bila dibandingkan dengan kuartal II dalam lima tahun belakangan, pertumbuhannya sebetulnya paling tinggi.

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan investasi kuartal II pada 2017 tercatat sebesar 5,35%, pada 2016 sebesar 5,06%, pada 2015 sebesar 3,55%, pada 2014 sebesar 4,53%, dan pada 2013 sebesar 4,53%. Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual pun berpendapat data historis tersebut lebih adil digunakan untuk mengomentari pertumbuhan investasi kuartal II lalu.

“Harus fair, kita kan harus lihat kuartal yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan kuartal II lalu tertinggi dalam beberapa tahun,” kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (8/8).

Atas dasar itu, ia pun menduga, perlambatan pertumbuhan imbas faktor musiman. Faktor penyebab lainnya, beberapa investasi besar sudah terealisasi pada kuartal IV tahun lalu dan kuartal I tahun ini, misalnya investasi untuk pembangunan pabrik farmasi dan tekstil. Perlambatan juga bisa jadi lantaran pemerintah menahan belanja modal untuk menekan defisit neraca dagang. Sebab, ketika investasi tinggi, impor melonjak.

(Baca juga: Ini Penyebab Ekonomi Tumbuh Tinggi Meski Investasi dan Ekspor Melemah)

Ke depan, faktor tahun politik dinilainya berisiko menahan langkah pelaku usaha swasta untuk berinvestasi. Namun, ia berpendapat masih ada potensi pertumbuhan investasi menanjak ke atas 6% pada kuartal III tahun ini. Sebab, masih ada penyelesaian proyek pemerintah misalnya yang terkait Asian Games di Jakarta dan Palembang.

Di sisi lain, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir melihat perlambatan pertumbuhan investasi pada kuartal II lalu sudah mencerminkan sikap hati-hati pelaku usaha dalam berinvestasi menjelang pesta politik pemilihan presiden (Pilpres).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...