Mogok Tiga Kali, Kemenhub Evaluasi Pengoperasian LRT Palembang

Ameidyo Daud Nasution
13 Agustus 2018, 11:26
LRT Palembang buatan INKA
INKA
LRT Palembang

Kementerian Perhubungan menegaskan akan mengevaluasi operasional kereta listrik ringan atau Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan. Ini lantaran pengoperasian LRT Palembang yang sudah tiga kali mogok dalam jangka waktu sepekan terakhir.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan evaluasi dilakukan untuk memberi perbaikan kinerja kereta ringan ini secara menyeluruh. Apalagi dalam waktu dekat, kota Palembang akan menggelar helatan olah raga Asian Games 2018.

"Diharapkan dapat memberi solusi perbaikan kinerja operasional LRT secara keseluruhan." kata Zulfikri dalam keterangan resmi Kemenhub, Senin (13/8). (Baca: Serangkaian Proses Harus Dilalui Agar LRT Jakarta Bisa Beroperasi Penuh)

Perjalanan moda transportasi tersebut yang sempat berhenti mendadak karena masalah kelistrikan pada hari Minggu (12/8) kemarin. Kereta ringan ini mendadak berhenti saat perjalanan antara Stasiun Jakabaring dengan Stasiun Polresta.

Dari penyelidikan awal, ada indikasi terjadi masalah listrik atau short circuit pada sarana kelistrikkan yang mengakibatkan perjalanan LRT tersebut berhenti. Saat kejadian, sistem kelistrikan dua stasiun tersebut dimatikan sehingga oeprasional LRT berhenti.

(Baca: Jokowi Minta LRT Palembang Dapat Subsidi)

Zukfikri juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat pengguna LRT Sumsel atas ketidaknyamanan akibat mogoknya transportasi ini. Apalagi transportasi ini sudah mengalami mogok sekurangnya tiga kali dalam seminggu. Oleh sebab itu Kemenhub bersama pihak lainnya saat ini masih menyelidiki permasalahan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...