Facebook Luncurkan Kampanye Laju Digital untuk Bantu UKM

Pingit Aria
14 Agustus 2018, 12:49
Facebook
Katadata

Facebook hari ini meluncurkan kampanye Laju Digital untuk membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengembangkan bisnisnya secara online. Kampanye ini akan menyasar sekitar 3 ribu unit usaha di 15 kota di Indonesia.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari menyatakan, seluruh rangkaian program kampanye Laju Digital akan diselenggarakan secara gratis. "Selama beberapa bulan ke depan, kampanye Laju Digital akan menyelenggarakan rangkaian sesi latihan dan workshop yang bisa membantu usaha kecil dan menengah serta masyarakat untuk meningkatkan keterampilan digital mereka," katanya di Jakarta, Selasa (14/8).

(Baca juga: Facebook Minta Maaf karena ‘Merayakan’ Gempa Lombok

Tak hanya menyasar pengusaha kecil dan menengah, kampanye laju digital juga akan menyasar individu. Bagi para pencari kerja misalnya, pelatihan Facebook akan membantu pengguna meningkatkan profil media sosialnya. Sebab, dalam penelitian Morning Consult, 90% UKM menyatakan bahwa keterampilan digital dan media sosial menjadi salah satu pertimbangan penting dalam merekrut karyawan.

Facebook juga bekerja sama dengan Shopee untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di Yogyakarta pada 11 Agustus 2018 lalu. Melalui kerjasama ini, Shopee dan Facebook membekali para penjual dengan keterampilan media sosial yang diharapkan dapat membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya di platform e-commerce.

Monica Vionna, Marketing Manager Shopee Indonesia mengungkapkan, “Setelah mengikuti kelas ini, kami percaya bahwa penjual kami mampu meningkatkan keterampilan pemasaran digital mereka untuk meningkatkan penjualan bisnis online, terutama melalui media sosial.”

(Baca juga: Incar Lebih Banyak Pengguna Pria, Shopee Luncurkan Shopee For Men)

Menghadirkan Freda Luo, Digital Native Solutions Manager Facebook, sebagai tamu pembicara untuk berbagi pengalaman dan wawasan mengenai cara mengoptimalkan Facebook dalam mempromosikan bisnis online dan cara mengintegrasikannya ke platform e-commerce, seperti Shopee.

Berfokus pada tren penggunaan smartphone di Indonesia, Luo juga memberikan contoh praktik terbaik tentang bagaimana cara menargetkan pembeli yang tepat pada pasar yang kompetitif. Selain itu, penjual Shopee memiliki kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada Luo mengenai cara memanfaatkan iklan Facebook pada platform Shopee untuk meningkatkan penjualan dan efisiensi bisnis online mereka.

Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...