Terancam Reshuffle, Asman Abnur Mundur dari Jabatan Menteri

Dimas Jarot Bayu
14 Agustus 2018, 15:55
Asman Abnur
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.
Menteri PAN-RB Asman Abnur

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur telah menyatakan mundur dari jabatannya dalam Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut disampaikan Asman ketika menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Selasa (14/8).

"Memang benar, Pak Asman Abnur mengundurkan diri dari kabinet kementerian Jokowi," kata Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi ketika dihubungi Katadata.

Advertisement

Menurut dia, Asman mundur karena adanya perbedaan pilihan politik. Sebab, PAN yang menaungi Asman saat ini resmi mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam Pemilihan Presiden atau disingkat Pilpres 2019

Viva menilai, sudah merupakan etika politik bagi Asman yang merupakan kader PAN untuk mundur karena perbedaan dukungan partai tersebut. Asman pun tak mau menjadi beban pemerintah karena menjadi satu-satunya menteri yang punya sikap politik berbeda. "Menjadi konsekuensi logis dari pilihan politik untuk Pak Asman mundur dari kabinet," katanya. 

(Baca juga: Jelang Kampanye Pilpres, Kapolri Mutasi Sembilan Kapolda)

Pratikno sebelumnya juga menyebutkan jika Asman bakal digantikan dari jabatannya karena PAN memutuskan berada di luar pemerintahan. Jadi, Asman tidak dicopot karena rapor kinerjanya buruk selama menjabat Menteri PAN-RB. Bahkan, Pratikno menilai, kinerja Asman selama ini cukup baik.

“Bapak Presiden juga sangat puas dengan kinerjanya Pak Asman Abnur. Jadi masalahnya adalah sekali lagi ini koalisi tadi, koalisi partai," kata Pratikno.

Selanjutnya, perombakan kabinet pasca-Asman melepas jabatannya akan dilakukan dalam waktu dekat yaitu setelah Jokowi pulang dari kunjungan kerjanya di Nusa Tenggara Barat.  "Ya bisa jadi secepatnya. Saya ingin mengatakan itu saja, ada kemungkinan itu," kata Pratikno.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement