Di Hadapan DPR, Jokowi Sampaikan Ambisi Jadi Negara Maju

Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu - Yuliawati
16 Agustus 2018, 13:22
Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR 2018
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR 2018 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ambisi Indonesia menjadi negara maju, tak hanya terjebak sebagai negara dengan berpendapatan menengah (midlle income). Dia mengatakan Indonesia harus mengejar ketertinggalannya dari negara-negara lain yang lebih cepat dalam menggapai kemajuan.

"Indonesia harus menjadi negara yang berdaulat, bermartabat, dan dihormati negara-negara lain di dunia," kata Jokowi dalam sidang tahunan di DPR, Jakarta, Kamis (16/8).

Advertisement

Dia mengatakan, Indonesia harus memperkuat fondasi dan mengumpulkan energi untuk melakukan lompatan kemajuan. "Kita harus berani membuat kebijakan yang hasilnya tidak kita nikmati saat ini, tapi membuat langkah kita ke depan menjadi lebih cepat," kata dia.

(Baca juga: Jokowi Sebut Empat Tahun Kepemimpinannya Tak Hanya Fokus Infrastruktur)

Jokowi mengatakan, bangsa Indonesia tidak boleh terjebak dalam pragmatisme jangka pendek, yang justru menghambat masa depan. Dia menyebutkan apa yang dilakukan masa kini, merupakan bagian dari lompatan kemajuan di masa depan.

 "Tim yang masih berusia 16 tahun ke bawah ini adalah masa depan sepakbola Indonesia, mereka adalah masa depan Indonesia," kata dia.

Lebih lanjut Jokowi memaparkan, pemerintah terus berupaya membangun ekosistem yang kondusif untuk memperkokoh stabilitas makro ekonomi dan meningkatkan kualitas pertumbuhan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement