Asian Games 2018 Gairahkan Sektor Perhotelan dan Pariwisata

Michael Reily
24 Agustus 2018, 20:59
Venue Asian Games 2018
Katadata
Kompleks Gelora Bung Karno siap melaksanakan ajang Asian Games 2018.

Association of Indonesian Tours and Travel Agency (ASITA) menyatakan Asian Games 2018 mampu menggairahkan sektor industri pariwisata dan perhotelan. Menurut asosiasi, sektor usaha tersebut berpotensi mendapat kenaikan omzet hingga dua kali lipat.

Ketua Umum ASITA Asnawi Bahar mengatakan, dampak event Asian Games bisa dirasakan khususnya pada beberapa tempat yang dekat dengan lokasi perhelatan acara olahraga terbesar di Asia tersebut.

Misalnya, lanjut Asnawi, pada hotel-hotel di Jakarta dan Palembang, tingkat okupansi atau keterisiannya kemungkinan bisa mencapai 100%. 

“Biro perjalanan ke Palembang sudah penuh mencapai 100%, begitu juga sekitaran Senayan, Jakarta,” kata Asnawi kepada Katadata, Jumat (24/8).

Dia menjelaskan, potensi itu bakal terus bertambah karena Asian Games 2018 masih berlangsung hingga sepekan ke depan. Sehingga terkait berapa besar total peningkatannya, asosiasi belum melakukan penghitungan.

(Baca : Pembukaan dan Laga Pertandingan Asian Games Raih Rating Tinggi)

Namun dia menuturkan, Asian Games 2018 bisa menjadi jadi salah satu ajang promosi citra Indonesia kepada dunia global yang sangat fundamental, terutama pada masa yang akan datang. Sehingga harapnnya, Indonesia bisa semakin terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...