Survei LSI Denny JA: Pemilih NU dan Muhammadiyah Dukung Jokowi-Ma'ruf

Dimas Jarot Bayu
24 Agustus 2018, 16:26
Jokowi-Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Calon presiden petahana Joko Widodo didampingi calon wakil presiden Ma'ruf Amin saat pendaftaraan Pilpres di KPU, Jakarta, Jumat (10/8).

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan kalangan pemilih muslim lebih banyak yang mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dibandingkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi-Ma'ruf unggul di tiga kategori pemilih yang berasosiasi dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam asal Nahlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, serta ormas Islam lainnya.

Sementara, Prabowo-Sandiaga masih mendapatkan dukungan suara dari pemilih yang berasosiasi dengan Persatuan Alumni (PA) 212. "Kebanyakan (ormas Islam) di belakang Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Hanya PA 212 yang masih banyak di Prabowo-Sandi," kata Rully di kantornya, Jakarta, Jumat (24/8).

Survei LSI Denny JA mencatat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di basis pemilih tersebut mencapai 52,7%. Elektabilitas petahana unggul telak jika dibandingkan Prabowo-Sandiaga dengan selisih 24,8%.

 (Baca juga: CEO Go-jek dan Bukalapak Diajak Gabung Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf)

Pada basis pemilih dengan asosiasi Nahdlatul Ulama (NU), Jokowi-Ma'ruf memperoleh elektabilitas sebesar 54,7%. Sementara, Prabowo-Sandiaga hanya memperoleh suara sebesar 27%.

Pada basis pemilih dengan asosiasi Muhammadiyah, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf mencapai 50%. Sementara perolehan suara Prabowo-Sandiaga mencapai 35,7%.

Perolehan suara Jokowi-Ma'ruf dari pemilih dengan asosiasi terhadap ormas Islam lainnya mencapai 60%. Dari segmen yang sama, Prabowo-Sandiaga hanya mendapat perolehan elektoral sebesar 26,7%.

Ada pun, Prabowo Sandiaga mendapatkan elektabilitas sebesar 61,1% dari pemilih dengan asosiasi terhadap PA 212. Sementara, Jokowi-Ma'ruf hanya mendapatkan suara sebesar 27,4% dari segmen tersebut.

"Melihat latar belakang asosiasi memang lebih besar kecenderungan memilih Jokowi-Ma'ruf," kata Rully.

(Baca juga:  Survei LSI: Ma'ruf Gerus Elektabilitas Jokowi, Sandi Naikkan Prabowo)

Lebih lanjut, pemilih muslim yang tak merasa bersasosiasi dengan ormas Islam lebih banyak menyorongkan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf. Berdasarkan survei LSI Denny JA, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf pada segmen tersebut mencapai 58,9%, sementara Prabowo-Sandiaga sebesar 24,1%.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...