BCA Kerek Bunga Deposito dan Kredit Masing-masing 25 Bps

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Dini Hariyanti

Senin 27/8/2018, 21.15 WIB

BCA menaikkan bunga simpanan berjangka maupun kreditnya sebesar 25 bps mulai Agustus dan September tahun ini.

Bank BCA
Arief Kamaludin (Katadata)

PT Bank Central Asia Tbk. berencana menaikan suku bunga deposito sebanyak 25 basis poin (bps) pada September 2018. Keputusan ini merupakan respon atas kenaikan BI 7-day (Reverse) Repo Rate menjadi 5,50%. 

(Baca juga: Kendalikan Defisit Transaksi Berjalan, Bunga Acuan BI Naik 25 Bps

“BCA sudah menyikapi (kenaikan suku bunga BI), kita sudah mulai peningkatan suku bunga deposito mulai April hingga hari ini sudah dinaikan 100 bps,” kata Direktur Bank BCA Vera Eve Lim di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (27/8).

Selain bunga deposito, emiten bersandi saham BBCA itu juga menaikan bunga kredit mulai Agustus. Vera mengatakan, kenaikan yang besarannya juga 25 bps ini berlaku untuk semua segmen, baik korporasi, komersial, termasuk kredit untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Untuk kredit pemilikan rumah (KPR), bunganya dikerek 70 bps sedangkan kredit kendaraan bermotor (KKB) sekitar 50 bps. “Kami lakukan secara bertahap untuk penyesuaian bunga kredit. Tidak sebesar yang dilakukan BI,” tuturnya.

Penyesuaian suku bunga pinjaman tersebut diproyeksi akan berpengaruh kepada debitur terutama di segmen konsumer. Oleh karena itu, perseroan memprakirakan pertumbuhan kreditnya pada semester II/2018 ditopang dari debitur korporasi dan komersil.

Sampai pengujung tahun ini, BBCA menargetkan pertumbuhan kredit 8% - 10% secara year on year. Per Juni tahun ini terealisasi kenaikan 14,2% atau sebesar Rp 494 triliun (yoy). “Ekspektasi kami sekitar 11% - 12% untuk full year 2018,” ujar Vera.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha