Uji Coba Teknologi EOR di Lapangan Migas Tanjung Dimulai November 2018

Anggita Rezki Amelia
27 Agustus 2018, 14:21
Menembus Bumi Menjemput Energi (Rig On Shore Pertamina)
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
ilustrasi.

PT Pertamina EP (PEP) berencana menguji coba teknologi tingkat lanjut (Enhanced Oil Recovery/EOR) secara penuh di Lapangan Tanjung, Kalimantan Selatan mulai tahun ini. Tujuannya untuk meningkatkan produksi.

Saat ini anak usaha Pertamina itu masih dalam tahap persiapan. “Di Lapangan Tanjung akan dilakukan EOR full scale," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas BUmi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto dalam rapat dengar pendapat di Komisi VII DPR, Senin (27/8).

Hingga 23 Agustus 2018 lalu, sumur injeksi T-0461 sudah siap. Berikutnya, Pertamina EP harus melakukan pengerjaan ulang (workover) lima sumur produksi.

Selain itu, material polimer untuk tes injeksi sudah ada di Jakarta. Namun, unit injeksi polimer masih dalam proses pengiriman dan akan tiba di Lapangan Tanjung akhir Oktober 2018. Injeksi Polimer dan peresian akan dilakukan pertengahan bulan November 2018.

Rencananya, Pertamina akan melakukan kerja sama operasi dengan Repsol. Perusahaan asal Spanyol ini akan mengirimkan proposal kerja sama penggunaan teknologi EOR di Lapangan Tanjung pada akhir bulan agustus 2018.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...