Nicke Resmi Jadi Direktur Utama Pertamina

Penulis: Anggita Rezki Amelia

Editor: Arnold Sirait

Rabu 29/8/2018, 09.42 WIB

Selain Nicke ada nama baru seperti Dharmawan Samsu dan Koeswiranto Kushartanto.

Nicke
ANTARAFOTO | Widodo S. Jusuf
Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan saat pembukaan acara Pertamina Digital Expo di Jakarta, 25 April 2018.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah memutuskan direksi baru PT Pertamina (Persero). Posisi Direktur Utama kini dijabat Nicke Widyawati. Posisi ini sudah kosong sekitar empat bulan setelah Elia Massa Manik dicopot.

Nicke dilantik berdasarkan Surat Keputusan RUPS SK 232/MBU/08/2018, tanggal 29 Agustus 2018. Isinya tentang Pengalihan Tugas, Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Komisaris Utama Pertamina Tanry Abeng mengatakan Nicke direkomendasikan karena sudah empat bulan menjabat menjadi Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina. Sehingga dianggap sudah memiliki pengalaman. "Bagi saya itu lebih mudah, daripada interview lagi," kata dia, di Kementerian BUMN, Rabu (29/8).

Nicke menjabat Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina sejak Elia Massa Manik lengser 20 April 2018.  Lulusan Institut Teknologi Bandung ini sebelum di Pertamina berkarier sebagai Direktur Perencanaan Korporat PT PLN (Persero).

Nicke juga pernah menjadi Direktur Utama PT Mega Eltra. Kemudian Direktur Bisnis dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di PT Rekayasa Industri (Rekind).

Tanri juga meminta agar posisi direktur utama tidak sering diganti. "Tolong direktur utama definitif ini tak diganti melulu, minimal lima tahun untuk memberikan kesempatan," ujar dia.

Tak hanya posisi Direktur Utama, Direktur Hulu juga mengalami rotasi.  Syamsu Alam digantikan Dharmawan Samsu yang merupakan Head of Country BP di Indonesia. “Resmi di Pertamina hari ini,” kata Syamsu Alam di Jakarta, Rabu (29/8).

Menurut Tanry pemilihan Dharmawan sebagai Direktur Hulu Pertamina karena memiliki pengalaman multinasional. "Itu pertimbangan ya dibutuhkan yang punya pengalaman multi nasional korporat," kata dia. 

Nama lain yang mengisi posisi direksi Pertamina adalah Koeswiranto Kushartanto. Mantan Direktur Sumber Daya Manusia Jasa Marga ini menduduki posisi Sumber Daya Manusia di Pertamina.

Dengan perombakan itu, posisi direksi Pertamina sebagai berikut: 

Direktur Utama : Nicke Widyawati
Direktur Hulu : Dharmawan H Samsu
Direktur Pengolahan : Budi Santoso Syarif
Direktur Pemasaran Korporat : Basuki Trikora Putra
Direktur Pemasaran Retail : Mas’ud Khamid
Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur : Gandhi Sriwidodo
Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia : Heru Setiawan
Direktur Keuangan : Arief Budiman
Direktur PIMR : Gigih Prakoso S
Direktur SDM : Kushartanto Koeswiranto
Direktur Manajemen Aset : M. Haryo Yunianto

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha