Prioritas Direktur Hulu Pertamina Mulai Efisiensi Hingga Transparansi

Anggita Rezki Amelia
29 Agustus 2018, 12:58
Dharmawan Samsu
www.facebook.com/DharmawanSamsu
Dharmawan Samsu saat masih menjabat Head of Country BP

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menunjuk Dharmawan Samsu sebagai Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) menggantikan Syamsu Alam. Usai dilantik, ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan mantan petinggi BP di Indonesia ini.

Dharmawan mengatakan pengalaman di BP baik akses yang dimiliki dan kemampuan pengoperasian atau eksporasi akan dibawa ke Pertamina. Sebagai tahap awal, ia juga akan berkolaborasi dengan Syamsu Alam.

Advertisement

Ada beberapa prioritas yang perlu dilakukan di sektor hulu Pertamina. Pertama, adalah efisiensi dan optimalisasi sumber daya yang ada. Itu merupakan faktor paling penting.

Kedua, keselamatan kerja karyawan. Ketiga adalah meningkatkan transparansi. “Kami akan tingkatkan terus,” kata dia di Jakarta, Rabu (29/8).

Transparansi ini juga sempat menjadi perhatian pemerintah, terutama mengenai produksi dan lifting minyak dan gas bumi. Bahkan melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 39 tahun 2016, pemerintah mewajibkan pemasangan flow meter (alat ukur) di setiap lapangan migas. Tujuannya dalam rangka pengawasan produksi minyak bumi.

Secara garis besar, Dharmawan juga memaparkan hal mendasar mengenai kegiatan hulu migas yang bisa dilakukan ke depan. Salah satunya dalah mempertahankan produksi dan meningkatkan peluang baru di hulu migas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement