Citilink Buka Penerbangan ke Tiongkok Mulai Oktober 2018

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Safrezi Fitra

Jum'at 7/9/2018, 18.18 WIB

“Diharapkan dapat menunjukkan eksistensi Citilink Indonesia sebagai world class LCC di kancah internasional" kata Juliandra.

Citilink
Arief Kamaludin | Katadata

 

Maskapai penerbangan Citilink Indonesia akan membuka rute penerbangan reguler Tiongkok-Indonesia pada 28 Oktober 2018. Expansi rute internasional oleh maskapai berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) ini akan menghubungkan tiga kota di masing-masing negara.

"Masuknya Citilink Indonesia ke kota-kota di Tiongkok, diharapkan dapat menunjukkan eksistensi Citilink Indonesia sebagai world class LCC di kancah internasional" kata Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, Jumat (7/8).

Rute internasional ini akan menghubungkan dua kota di Indonesia, yaitu Jakarta dan Denpasar dengan tiga kota di Tiongkok yaitu Xiamen, Kunming, dan Nanjang. Nantinya, Citilink juga berencana merambah kota Manado di Indonesia dan kota-kota lainnya di Tiongkok. Pada tahap awal, Cilitink akan memulai dengan tiga rute, yakni Cengkareng-Kunmin, Cengkareng-xianmen, dan Denpasar-Nanjang.

(Baca: Garuda Indonesia dan Citilink Sabet Gelar Maskapai Terbaik)

Kota-kota di Tiongkok itu sebenarnya bukan merupakan kota yang familiar. Tapi, Citilink sengaja memilik kota tersebut karena kota-kota utama di Tiongkok seperti Shanghai dan Beijing sudah tersedia penerbangannya oleh induk perusahaan mereka, Garuda Indonesia.

"Jadi, kami akan main di secondary city. Seperti di Tiongkok yang sedang mengembangkan secondary city-nya," kata Juliandra. Citilink akan mengunakan pesawat model Airbus 320 yang berkapasitas 180 kursi untuk melayani rute baru ini. Target tingkat keterisian penumpang pada rute ini sebesar 85%.

Sebelumnya, Citilink Indonesia juga telah melakukan penerbangan charter ke beberapa kota di Tiongkok yang bekerja sama dengan pen-charter di Tiongkok. Dengan begitu, maka Citilink akan mempunyai lima rute internasional ke Tiongkok.

Juliandra menambahkan, dengan dibukanya rute baru ini, sebagai bentuk dukungan Citilink terhadap program Pemerintah untuk mendapatkan target 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia sebelum tahun 2019. (Baca: Citilink Luncurkan Asuransi Keterlambatan Penerbangan)

Adapun, untuk pemasaran tiket di Tiongkok, Citilink bekerja sama dengan General Sales Agent (GSA) Megacap. Megacap akan menjadi representatif Citilink di Tiongkok dalam melakukan penjualan tiket penumpang maupun kargo.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha