Investor Minta Kepastian Proyek Listrik yang Ditunda

Image title
12 September 2018, 19:11
Listrik
Katadata | Arief Kamaludin

Investor yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) meminta kepastian mengenai penundaan proyek yang direncanakan pemerintah. Ini untuk menghitung ulang kelanjutan bisnisnya.

Juru bicara APLSI Rizal Calvary mengatakan ada beberapa proyek listrik yang sudah jalan. Ini artinya investor sudah mengeluarkan biaya operasional. Jika, proyek-proyek seperti itu ditunda, maka ada potensi kerugian.

Untuk itu, Rizal berharap PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) bisa menjalin komunikasi yang baik dengan produsen listrik swasta. “Kami berharap ada kepastian yang ditunda,” kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (12/9).  

Di luar itu, investor menyoroti regulasi di sektor listrik, terutama untuk energi baru terbarukan (EBT). Mereka menilai tidak ada kepastian regulasi karena sering berubah-ubah. Apalagi, regulasi mengenai harga listrik sektor EBT.

Hal lainnya yang menjadi fokus investor adalah minimnya dukungan pemerintah terhadap investasi. Salah satunya mengenai perizinan. Meski sudah satu pintu, tapi izin tidak bisa keluar kalau Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...