Grup Bakrie Targetkan Pipa Trans Kalimantan Alirkan Gas Tahun 2022

Image title
14 September 2018, 10:21
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

Grup Bakrie terus menggenjot pengerjaan proyek pipa trans Kalimantan. Proyek ini  merupakan pengganti pipa Kalimantan-Jawa (Kalija) 2 yang mangkrak sejak 2006. PT Bakrie Indo Infrastructure bahkan menargetkan bisa mengalir empat tahun lagi.

Director COO (Chief Operating Officer) Bakrie Indo Infrastructure, AD Erlangga menargetkan dalam waktu dekat sudah melakukan studi kelayakan. Perizinan pembangunan proyek akan disiapkan Oktober atau awal November.

Setelah itu sosialisasi dengan pemerintah daerah. Tahap selanjutnya menyusun dokumen Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Lalu, mempersiapkan dokumen teknis proyek.

PT Bakrie & Brothers menargetkan proyek pembangunan proyek pipa gas Trans Kalimantan tahap awal selesai pada pertengahan 2022, dengan proses pengerjaan selama 42 bulan. "Ini milestone pembangunan kurang lebih 42 bulan. Maka, gas in pertama medio 2022 dengan catatan dibangun bertahap," Erlangga di Kalimantan, Kamis (13/9).

Untuk tahap awal, pipa gas Trans Kalimantan ini akan dibangun dari Bontang, Kalimantan Timur ke Takisung, Kalimantan Selatan. Jaraknya kurang lebih 250 kilometer (km).

Pipa gas ini akan melewati tujuh kabupaten di Kalimantan Selatan. Tujuh kabupaten itu yakni Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar, Banjarbaru, dan Tanah Laut.

Ada beberapa opsi sumber gas. Di antaranya adalah Lapangan Merakes yang bisa memproduksi 400 MMscfd. Ada juga opsi West Badik yang memproduksi 60 MMscfd, lalu dari Blok Makassar Strait.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...